Para Remaja, Ini 3 Tips Aman Berinternet yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Para Remaja, Ini 3 Tips Aman Berinternet yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini, aktivitas berselancar di dunia internet bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kaum . Namun, mereka harus tetap memperhatikan keamanan saat berinternet.

Sebab, sifat internet yang luas, tentu banyak orang di dunia bisa mengaksesnya. Baik itu orang baik atau jahat. Sehingga, para remaja diminta untuk selalu bersikap hati-hati saat sedang menjelajahi dunia online. Termasuk tidak membuat postingan sembarangan dan berbicara dengan orang asing.

Berikut tiga cara aman saat menjelajahi internet yang bisa diikuti remaja:

Jangan Sembarang Mengumbar Informasi
Anda sebaiknya berhati-hati saat mem-posting foto atau rincian informasi, termasuk email pribadi, di dunia maya. Postingan-postingan ini nantinya bisa saja menyebabkan masalah.

Pasalnya, orang-orang yang dianggap sebagai teman bisa menggunakan informasi-informasi tersebut untuk menyerang Anda. Terutama jika akhirnya mereka menjadi ‘mantan teman'.

Batasi Pembahasan dengan Orang Asing
Berhati-hati ketika berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak Anda kenal secara pribadi. Khususnya jika pembicaraan dimulai dengan membahas soal ‘seks' dan fisik.

Jangan pernah menanggapi obrolan semacam itu, jika Anda tidak ingin menjadi target predator. Kalau mereka masih mengganggu, sebaiknya langsung hubungi pihak berwajib.

Hindari Bertemu Secara Diam-diam
Orang lain bisa melukai Anda secara langsung jika kalian bertemu di lokasi yang sama. Jadi jika ingin aman 100%, sebaiknya jangan bertemu dengan orang asing yang dikenal di internet seorang diri.

Jika memang Anda harus menemui orang lain tersebut, maka jangan pernah pergi sendirian. Kemudian, atur pertemuan di ruang publik, serta terlebih dahulu beritahu orangtua atau orang terdekat yang bisa melindungi, dan bawa sejumlah teman untuk menemani. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.