oleh

Partai Koalisi Paslon 01: Kemenangan Di Bawah Ekspektasi

PortalMadura.Com, Sumenep – Partai koalisi Pasangan Lalon (paslon) cabup-cawabup 01 Ach.Fauzi-Dewi Khalifah bersyukur atas kemenangan yang diraih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2020. Akan tetapi, kemenangan tersebut diakui masih di bawah ekspektasi.

Terdapat lima Partai Politik (parpol) yang masuk dalam gerbong pemenangan politik paslon berjargon Bismillah Melayani itu. Meliputi PDI Perjuangan, PAN, PKS, Gerindra, dan PBB.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara KPU Sumenep, Paslon 01 unggul dengan 319.876 suara (51,9 persen). Sedangkan paslon 02 Fattah Jasin-KH Ali Fikri memperoleh 296.676 suara (48,1 persen).

Belum tercapainya ekspektasi kemenangan paslon 01 salah satunya disampaikan Ketua DPD PKS Sumenep, Rimbun Hidayat. Dia menyampaikan, sejumlah upaya internal partai dilakukan dalam rangka pemenangan paslon Fauzi-Eva.

Upaya-upaya tersebut di antaranya meminta kepada seluruh struktur DPD, DPC, hingga ranting untuk bersama bergerak memenangkan paslon 01 di masing-masing wilayah. Kemudian meminta seluruh anggota PKS di Kota Keris untuk mengajak keluarga, kerabat dan tetangga supaya ikut memenangkan paslon 01. Termasuk melakukan ajakan door to door.

“Juga anggota legislatif dari PKS agar mengajak para pendukungnya memilih paslon Fauzi-Eva,” ucapnya, Senin (21/12/2020).

Melalui berbagai upaya tersebut pihaknya berekspektasi kemenangan paslon 01 bisa mencapai 60 persen. Namun tidak dipungkiri paslon 02 beserta tim pemenangan dan para relawannya juga terus melakukan upaya-upaya pemenangan. Sehingga, kemenangan yang diperoleh paslon 01 hanya terpaut 23.200 suara atau 3,8 persen dari paslon 02.

“Kami sudah memberikan upaya maksimal. Kami rasa semua partai koalisi juga telah berusaha sebaik-baiknya dalam pemenangan,” ujar Rimbun.

Pernyataan serupa juga disampaikan Walik Ketua DPD PAN Sumenep Ahmad Mustar. DPD PAN Sumenep menurut dia juga berekspektasi paslon 01 bisa meraih kemenangan di atas 60 persen.

Ahmad mengaku PAN sudah totalitas dalam memberikan dukungan dan upaya pemenangan. “Sejak awal kami all out. Termasuk di antaranya kami membentuk tim dari kecamatan hingga desa,” ungkapnya.

Banyak faktor yang melatarbelakangi tidak tercapainya target kemenangan tersebut. Salah satunya faktor cuaca yang saat itu kurang mendukung karena hujan. Sehingga pemilih banyak yang tidak menggunakan hak suaranya. Tidak tercapainya target kemenangan, lanjut dia, tentu banyak kekurangan untuk dievaluasi.

“Namun kemenangan ini tetap patut kami syukuri. Target kemenangan itu dari awal kami jadikan motivasi untuk mencapainya,” tutur Ahmad.

Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Ketua DPC PBB Sumenep Badrul Aini dan Ketua DPC Gerindra Sumenep Kiyai Ilyasi tidak merespon.

Sebelum itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Ach. Fauzi yang juga Cabup paslon 01 mengaku tetap bersyukur atas hasil kemenangan yang diperoleh. Dia menyebut, kemenangan itu merupakan hasil usaha bersama dan dukungan semua pihak.

Termasuk partai koalisi, tim pemenangan, serta para relawan paslon 01. Khususnya masyarakat Sumenep. “Terima kasih juga kepada seluruh lapisan masyarakat Sumenep yang telah berpartisipasi dan ikut menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada Sumenep 2020,” pungkas pria yang masih menjabat sebagai Wabup Sumenep itu. (*)

Penulis : Badri Stiawan
Editor : Dwi Oktaviana KK

Komentar