Kenali 4 Tanda Orang Boros Uang, Apakah Anda Salah Satunya?

Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Idntimes.com
Kenali-4-Tanda-Orang-Boros-Uang,-Apakah-Anda-Salah-Satunya
Ilustrasi (blog.unitedtronik.co.id)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Pengeluaran yang sangat besar di akhir bulan sering kali menjadi momok yang menakutkan. Bagaimana tidak, banyak orang yang merasa stres lantaran pengeluaran yang mencekik, sedangkan isi dompetnya semakin menipis.

Tahukah Anda, salah satu penyebab pengeluaran membengkak sebenarnya adalah kebiasaan boros. Parahnya lagi, sebagian orang tidak mau mengakui jika dirinya sedang boros dalam keuangan. Apabila ini dibiarkan tentu akan membuat Anda semakin terpuruk, bahkan bukan tidak mungkin bisa terlilit hutang.

Maka, Anda perlu tahu tanda-tanda Anda boros uang. Untuk mengetahuinya, yuk simak biar tidak jadi kebiasaan seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (12/5/2022) dari laman Idntimes.com:

Sering ‘bobol’ Uang Tabungan

Salah satu tanda utama boros uang adalah membobol uang tabungan. Biasanya, ketika ada pengeluaran yang dipaksakan, seseorang bisa membobol uang tabungan demi membeli sesuatu.

Selain itu, membobol uang tabungan untuk kebutuhan sehari-hari juga termasuk kebiasaan boros. Sudah seharusnya kebutuhan sehari-hari ditutupi dengan anggaran yang telah disiapkan.

Kasusnya akan berbeda jika membobol yang untuk kondisi darurat. Namun, akan lebih baik jika Anda menyiapkan dana darurat untuk mengatasi kondisi darurat itu.

Menabung Tak Rutin Seperti Biasanya

Boros juga bisa ditandai dengan kegiatan menabung yang tidak rutin. Misalnya, Anda terbiasa menabung setiap bulan dengan nominal 10 persen dari upah per bulan.

Jika kegiatan menabung sempat berhenti, atau nominalnya menurun, maka ada kemungkinan anggaran untuk tabungan digunakan untuk kebutuhan lain yang tidak mendesak.

Anda Sering Beli Barang yang Sama Berkali-kali

Dikutip dari situs resmi Bank Jago, jika Anda sering membeli barang yang sama dan tidak penting berkali-kali, maka itu termasuk tanda boros uang.

Misalnya, Anda membeli baju A dengan warna putih, lalu Anda beli lagi jenis yang sama dengan tiga warna yang berbeda. Jika demikian, Anda sebenarnya menghabiskan uang untuk belanja yang kurang perlu. Apa benar Anda perlu baju yang sama dengan 3 warna berbeda?

Anda Lebih Sering Bertransaksi Menggunakan Kartu Kredit daripada Kartu Debit

Bertransaksi menggunakan kartu kredit bisa bikin kebablasan jika tidak dikendalikan dengan baik. Sebab, pelunasan tagihan kartu kredit dilakukan setelah Anda melakukan pembelian. Jadi, meski uang sudah menipis, kartu kredit tidak memberitahu kalau sudah saatnya bagi Anda untuk berhenti berbelanja.

Apalagi jika Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli sesuatu yang sebenarnya bisa dibayar dengan kartu debit, seperti makan siang dan kebutuhan pokok. Ini adalah tanda utama lain kalau Anda sedang boros uang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.