Pasti Cuan, Budidaya Udang Menggunakan Air Tawar

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Mariyatul KiptiyahEditor: Hartono
Pasti Cuan, Budidaya Udang Menggunakan Air Tawar
Pasti Cuan, Budidaya Udang Menggunakan Air Tawar

PortalMadura.Com – Ada banyak jenis udang yang menggunakan air tawar pada saat dibudidayakan. Karena menjadi konsumsi populer masyarakat Indonesia yaitu udang vaname, udang windu, udang galah udang beras, udang pelemon merah, terakhirudang lar.

Untuk jangka waktu masa panen relatif singkat antarawaktu 4 sd 6 bulan. Hasil yang di dapatkan dalam air tawar terbilang tinggi yaitu sampai 20 juta atau bahkan bisa 30 juta setiap bulannya.

Baca Juga

Tertarik budidaya udang air tawa? Berikut Rahasia budidaya Udang air tawar

1. Persiapan Tambak Budidaya

Pemilihan tambak dalam budidaya udang sangat penting karena hal ini dapat menentukan kondisi lingkungan hidup udang. Hal ini akan berdampak besar terhadap kesehatan dan produktivitas udang air tawar.
Siapkan air yang bersih ke dalam tambak. Cek pH pada air yang digunakan, pastikan bahwa pH berkisar antara 6-7. Agar kadar oksigen dalam air cukup untuk pernapasan udang, bisa juga menggunakan aerator untuk tambak udang air tawar.

2. Pemilihan Benur Unggul

Beberapa kriteria dalam pemilihan benur agar budidaya tidak gagal:Benur bebas dari penyakit, Kulit yang bersinar dan cerah, Punya gerakan yang lincah dan aktif, Punya ukuran yang seragam, Bobot dengan 0,1 – 0,3 gram

3. Pengaturan Pakan Udang

Pakan udang alami yang dapat berikan pada udang yaitu tepung terigu, biji jagung, ketan padi, dedak padi, dan lainnya. Pakan buatan seperti pelet udang yang banyak dijual di pasaran. Pemberian pakan dapat dilakukan sebanyak 40% pada pagi hari dan 60% pada sore hari.

4. Pengontrolan Kualitas Air

Harus sering mengganti air di tambak apabila sudah kotor. Hal ini karena kualitas air yang rendah akan meningkatkan potensi udang air tawar untuk terserang penyakit.

5. Pemanenan

Proses panen akan berlangsung setelah membudidayakan udang kurang lebih selama 6 bulan. Panen dilakukan dengan mengambil udang dengan jaring dan memasukkannya ke dalam box. Jangan lupa menyortir udang agar kualitas udang yang dijual terjaga dengan baik.

Tips Sukses Budidaya Udang : Jaga suhu udang dengan optimal yaitu 25-29C. Ph yang bagu untuk udang antara 7-9 dan jangan lupa tambahkan edikit kapur kedalam tambak udang.

Semoga Berhasil dan semoga sukses terus!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.