Payudara Anda Besar Sebelah? Ini Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Payudara Anda Besar Sebelah? Ini Penyebabnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu instrumen wanita yang paling sensitif yaitu payudara.

Pertumbuhan payudara dibutuhkan waktu sekitar tiga sampai lima tahun sejak usia pubertas, hingga payudara mencapai ukuran sempurna.

Bagian dalam payudara terdiri dari jaringan lemak dan kelenjar susu. Daerah berwarna gelap di sekitar puting disebut areola.

Bentuk payudara perempuanpun beragam tergantung faktor keturunan dan asupan gizi.

Menurut penelitian, tidak ada krim, obat-obatan, maupun latihan khusus yang secara permanen dapat mengubah ukuran payudara.

Perbedaan bentuk payudara yang tak sama sering menjadi sesuatu yang tak hanya membingungkan, tapi juga mengundang kekhawatiran tersendiri.

Yang terjadi, bukannya mencari penyebab dari perbedaan ukuran tersebut, wanita sering mengambil jalan pintas dengan melakukan operasi penambahan silikon, yang belum tentu aman bagi kesehatan.

Sebenarnya, perbedaan ukuran antar payudara adalah lumrah terjadi di masa-masa pubertas.

Hal tersebut disebabkan kandungan hormon yang masih berkembang, dan biasanya masih berubah-ubah.

Bila keadaan tersebut masih berlangsung bahkan setelah masa puber berlalu, maka ada beberapa hal yang perlu dicermati.

Pengonsumsian obat-obatan yang mengubah struktur hormon, seperti alat kontrasepsi bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Peningkatan jumlah hormon akibat penggunakan kontrasepsi tersebut dapat mengakibatkan reaksi pembesaran jaringan payudara, untuk sementara waktu.

Selain itu, masa kehamilan dan menopause bisa menyebabkan perubahan kadar hormon yang cukup ekstrem.

Seperti pada masa kehamilan, tubuh bersiap untuk menjalani proses menyusui hingga memproduksi hormon yang memengaruhi sistem saluran susu dan kelenjar payudara.

Sedangkan, pada masa menopause terjadi penurunan hormon esterogen yang menyebabkan lemahnya jaringan ikat payudara, berefek pada mengendurnya, dan payudara menjadi kecil.

Sementara, perbedaan ukuran antar payudara sebenarnya tidak perlu diselesaikan dengan langkah operasi. Kecuali, jika terdapat kasus virginal hypertrophy. Virginal hyperthropy adalah kondisi saat payudara terus berkembang, bahkan setelah melewati ukuran cup D pada usia remaja.

Pembedahan untuk payudara asimetri mungkin melibatkan proses pembesaran salah satu payudara atau keduanya. Pada umumnya, operasi memperbaiki payudara tersebut dapat berjalan dengan sukses.(kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.