PDAM Sumekar Targetkan Seribu Lebih Sambungan Baru

Avatar of PortalMadura.com
PDAM Sumekar Targetkan Seribu Lebih Sambungan Baru
Direktur PDAM Sumekar, Kabupaten Sumenep Febmi Noerdiansyah

PortalMadura.Com, – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau Perumda Air Minum Sumekar, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menargetkan 1.100 sambungan baru.

Hal tersebut seiring dengan program Kementerian PUPR yang telah menetapkan program penyediaan akses air minum perpipaan sebanyak 10 juta sambungan rumah (SR) hingga tahun 2024 di seluruh Indonesia.

Direktur PDAM Sumekar, Kabupaten Sumenep Febmi Noerdiansyah mengemukakan, seluruh perusahaan air minum di lingkungan pemerintah digenjot untuk memenuhi target itu.

“Maka Sumenep menargetkan 1.100 sambungan baru plus beberapa pengembangan jaringan,” terang Febmi sapaan Febmi Noerdiansyah, Selasa (18/10/2022).

Informasi yang diterima Febmi, bahwa di seluruh Indonesia, baru terealisasi kurang lebih 1,9 juta sambungan baru. Maka pihaknya juga terus berusaha untuk memenuhi target internal Perumda Air Minum Sumekar.

Untuk suksesnya target tersebut, maka dibutuhkan penyertaan modal dari pemerintah daerah guna terciptanya optimalisasi dan pengembangan jaringan sistem penyedia air minum (SPAM).

Menurut Febmi, berdasarkan analisa dan kajian investasi, kebutuhan anggaran mencapai Rp3,5 miliar. “Kami menargetkan dengan memaksimalkan nominal itu,” katanya.

Kebutuhan anggaran tersebut dapat dipenuhi melalui penyertaan modal dari pemerintah daerah dan akan diganti oleh Pemerintah Pusat diakhir tahun.

“Jadi, dana itu dikeluarkan Pemkab pada awal tahun. Dan akan diganti diakhir tahun oleh Pemerintah Pusat sesuai dengan realisasi sambungan baru yang terpasang ke rumah warga,” urainya.

Yang menjadi fokus sambungan baru, pihaknya akan menyasar wilayah Kecamatan Kota, Kalianget dan Saronggi. “Tetapi, ketika nanti ada daerah yang lain butuh bisa tinggal masukkan [mengajukan],” ujarnya.

Sementara, rencana penyertaan modal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep pada Perumda Air Minum Sumekar sudah masuk taraf pembahasan Raperda.

Hal tersebut terungkap pada Rapat Paripurna DPRD Sumenep tentang penyertaan modal pada yang disampaikan Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah, Jumat (14/10/2022).

Eva sapaan Dewi Khalifah menyebutkan, kontribusi Perumda Air Minum Sumekar terhadap PAD Sumenep telah sesuai dengan yang ditargetkan dari tahun 2016-2022. Pada 2022, memberikan kontribusi sebesar Rp300 juta.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.