Pelihara Kucing di Rumah? Ini Cara Memandikannya

Avatar of PortalMadura.com
Pelihara Kucing di Rumah? Ini Cara Memandikannya
ilustrasi

PortalMadura.Com –  merupakan salah satu binatang yang banyak dipelihara. Biasanya, kucing dipelihara karena jenis, keunikan, serta kelucuannya. Selain itu, memandikan binatang peliharaan yang satu ini wajib dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebersihannya.

Bagi pemelihara kucing, terkadang mereka harus menghabiskan uang untuk pergi ke salon binatang agar kucingnya tetap sehat, bersih, bugar, terhindar dari penyakit, virus, dan kuman. Selain untuk menjaga kebersihan dari tubuh kucing tersebut, dengan mandi kucing Anda akan mendapatkan bulu yang sehat dan juga cantik.

Padahal umumnya, seekor kucing dapat membersihkan tubuhnya sendiri dengan cara menjilati seluruh bagian pada tubuhnya. Namun, dengan cara menjilati tubuhnya sendiri saja tidak cukup untuk membersihkan berbagai macam kuman, kutu, kotoran, dan juga jamur yang menempel di tubuh kucing Anda.

Sebenarnya, proses memandikan seekor kucing sendiri tidak terlalu sulit, jika Anda mengetahui caranya dengan benar dan tepat, agar kucing tersebut merasa nyaman dan tidak memberontak ketika sedang Anda mandikan. Sebaiknya, Anda terlebih dahulu menyiapkan segala macam keperluan yang dibutuhkan ketika memandikan seekor kucing, antara lain:

1. Isilah ember dengan air yang hangat.

2. Siapkan sebuah sampo khusus kucing yang cocok dengan kucing Anda.

3. Siapkan juga bedak khusus kucing yang cocok dengan kulit kucing Anda.

4. Siapkan sisir.

5. Siapkan juga blower atau alat pengering rambut dan bulu untuk kucing Anda.

6. Siapkan handuk.

7. Siapkan cotton buds untuk membersihkan lubang telinga pada kucing Anda.

8. Siapkan handuk yang lembut atau khusus untuk membasuh tubuh kucing setelah mandi.

Untuk cara memandikan kucing dengan langkah yang benar dan juga tepat, berikut ini tips yang dapat Anda lakukan:

Langkah pertama, Anda dapat membasahi seluruh bagian pada tubuh kucing menggunakan air hangat yang telah disiapkan. Basahi seluruh tubuh pada bagian kucing Anda sampai merata hingga ke bagian kulitnya, namun hati-hati ketika membasahinya jangan sampai airnya masuk ke telinga kucing.

Selanjutnya berikan sampo pada kucing Anda. Usapkan sampo ke seluruh bagian tubuh kucing Anda sampai merata. Anda juga harus berhati-hati ketika membasuh dengan sampo agar tidak terkena mata, mulut, dan juga hidung dari kucing kesayangan Anda itu.

Setelah memakaikan sampo kepada kucing Anda, bilaslah seluruh tubuh kucing yang terkena sampo tadi dengan menggunakan air hangat yang telah disiapkan. Lakukan dengan benar agar tidak ada sampo yang tertinggal di bagian tubuh kucing Anda.

Berikutnya, Anda dapat mengeringkan seluruh bagian dari tubuh kucing dengan menggunakan handuk yang lembut yang sudah Anda siapkan tadi. Gosokkan handuk tersebut secara merata kebagian tubuh kucing Anda, agar tubuh kucing kering secara merata. Namun tetap harus hati-hati agar tidak terjadi lecet ke tubuh kucing, jika perlu gunakan blower untuk membantu proses pengeringan tubuh kucing.

Setelah kucing Anda bersih dan sudah dimandikan, bersihkan telinga kucing Anda dengan menggunakan cotton buds yang sudah dipersiapkan dan juga bisa dibantu dengan baby oil agar kucing Anda tidak merasa sakit. (suaranet.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.