Pemberangkatan 2020, 652 CJH Asal Sumenep Telah Urus Paspor

Avatar of PortalMadura.com
Pemberangkatan 2020, 652 CJH Asal Sumenep Telah Urus Paspor
dok. Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sumenep, Moh. Rifai Hasyim (Foto: Samsul Arifin @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah mengurus paspor 652 Calon Jemaah Haji (CJH) yang masuk kuota pemberangkatan ke tanah suci Mekah pada tahun 2020 ini.

“Total Calon Jemaah Haji yang akan berangkat tahun ini sebanyak 652 orang. Saat ini kami sudah mengurus paspornya dan hampir tuntas 100 persen,” kata Kasi Haji dan Umroh , Muh. Rifai Hasyim, Rabu (5/2/2020).

Menurut Rifai, sebelumnya Kemenag sudah memanggil ratusan calon tamu Allah tersebut dalam rangka memberitahukan bahwa mereka akan diberangkatkan pada tahun 2020 ini. Mereka juga diberitahukan agar segera melunasi pembiayaan perjalanan hajinya nanti.

“Tahun ini kami sengaja mendahulukan pembuatan paspor sebelum calon jemaah haji itu melunasi biaya perjalanannya. Karena, pelunasan biaya itu lebih gampang dibanding pengurusan paspor,” jelasnya.

Baca Juga : Warga Sumenep Ditangkap Polisi, Bawa 6 Poket Sabu ke Rumah Saudara

Ia menuturkan, ratusan CJH yang akan berangkat tahun ini mereka yang mendaftar pada tanggal 1 Maret hingga 8 September 2011. Di luar tanggal tersebut masih menjadi daftar tunggu pemberangkatan berikutnya.

“Selain mengurus paspor, kami juga melakukan manasik haji secara mandiri. Manasik haji mandiri itu, para jemaah yang membiayai semua kebutuhan saat pelaksanaan manasik itu, bukan dari negara. Tapi rupanya para CJH itu antusias semua,” tegasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.