oleh

Kenali Manfaat dan Penggunaan Overnight Mask untuk Wajah

PortalMadura.Com – Mendapatkan kulit cantik dan bersinar sebenarnya bisa ditempuh melalui berbagai cara. Berbagai produk yang dijual di pasaran pun terus berkembang untuk memberikan kepuasan kepada konsumennya. Tentunya, dengan menggunakan bahan-bahan terbaik yang dibutuhkan kulit.

Salah satu yang populer belakangan ini adalah overnight mask. Pernahkah Anda mendengar apa itu overnight mask?. Ia merupakan masker wajah yang disebut juga dengan sleeping mask. Bahan ini dirancang untuk membuat bahan-bahan di dalamnya meresap lebih maksimal pada kulit selama Anda tidur.

Penggunaan overnight mask tengah digandrungi karena berbeda dari masker pada umumnya, Anda tidak perlu berdiam diri selama lebih dari 15 menit setelah diaplikasikan pada wajah. Hal ini dirasa lebih praktis terutama bagi Anda yang ingin langsung tidur sesudah melakukan serangkaian perawatan kulit.

Selain itu, sebuah studi memaparkan bahwa proses regenerasi sel kulit juga sedang berada di puncaknya pada pukul 22.00 sampai 02.00 dini hari. Pemakaian masker ini tentu akan memperlancar jalannya proses tersebut.

Bagaimana Manfaat Overnight Mask untuk Wajah?

Dilansir PortalMadura.Com, Rabu (5/2/2020) dari laman Hellosehat.com, keberadaan overnight mask akan mempertahankan kelembapan kulit wajah dengan lebih lama.

Menurut seorang ahli bedah kulit dari New York, Dr. Engelman menjelaskan pada Healthline, bahwa saat tertidur, tubuh Anda akan menyeimbangkan kembali cairan di dalamnya. Dalam hal ini, overnight mask akan mencegah kulit ikut menjadi kering dengan tetap menjaga kelembapannya.

Masker jenis ini juga sangat direkomendasikan untuk orang dewasa yang mulai memasuki usia lanjut. Semakin bertambahnya umur Anda, maka tingkat hidrasi pada kulit akan berkurang. Dengan menggunakan overnight mask saat perawatan rutin, Anda dapat menghambat munculnya kerutan pada wajah.

Di balik kehebatannya itu, ada tiga bahan penting yang terkandung di dalam overnight mask dan mungkin belum orang ketahui. Berkat bahan-bahan inilah overnight mask dapat memberikan kebaikan untuk kulit. Apa saja itu?. Berikut adalah di antaranya:

Peptida

Peptida adalah rantai asam amino yang berfungsi sebagai penghasil protein pada kulit. Rantai peptida ini mampu menembus lapisan kulit dan bekerja sebagai pencegah penuaan dengan merangsang produksi kolagen serta melawan garis-garis halus dan kerutan.

Dalam kandungan produk perawatan kulit, peptida terdiri dari beberapa jenis dan memiliki kegunaan yang berbeda pula. Salah satunya adalah hexapeptida. Serupa dengan cara kerja botox, hexapeptida memberikan efek relaksasi pada otot-otot wajah, membantu mengurangi gerakan, dan menghambat pembentukan kerutan.

Jenis lainnya seperti palmitoyl oligopeptida dan palmytoyl tetrapeptida-7 dapat merangsang perbaikan kulit, mencegah peradangan, dan melindungi dari kerusakan akibat sinar UV.

Ceramida

Selain peptida, ada juga ceramida. Ia merupakan asam lemak yang memberikan manfaat kelembaban untuk kulit. Cara kerja ceramida pada kulit adalah dengan membentuk penghalang untuk mencegah permeabilitas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit terkait dengan lingkungan sekitar.

Baca Juga : Jangan Diabaikan, Ini 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pakai Masker Wajah

Tahukah Anda, kandungan ini juga dapat mencegah penuaan serta membantu mengatasi kulit kering. Walaupun masih diperlukan penelitian lebih lanjut, ada anggapan bahwa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ceramida juga membantu mengurangi rasa perih akibat iritasi.

Asam Hialuronat

Asam hialuronat atau hyaluronic acid adalah zat berupa cairan lengket dan jernih yang diproduksi secara alami dari tubuh, namun juga dapat ditemukan pada produk perawatan kulit.

Sama seperti dua bahan lainnya, asam hialuronat dapat membantu melembapkan kulit Anda dan membuatnya terasa lebih kenyal dan halus saat disentuh.

Kelebihan dari bahan-bahan ini adalah, ketiganya merupakan sesuatu yang sudah ada pada tubuh Anda. Sehingga, kemungkinan Anda akan mengalami iritasi berkat pemakaian produk yang mengandung zat tersebut cukup rendah, bahkan jika Anda memiliki kulit sensitif.

Cara Memakai Overnight Mask

Terkadang, cara pemakaian overnight mask akan berbeda-beda dan tergantung dari produk yang dibeli. Namun pada umumnya, pemakaian overnight mask bisa dilakukan setiap satu sampai dua kali seminggu.

Caranya mudah, Anda cukup mengambil masker secukupnya, lalu oleskan pada seluruh wajah. Mungkin Anda akan menunggu sampai masker yang dioleskan mengering sedikit. Setelahnya, Anda bisa langsung terlelap. Bilas masker saat Anda terbangun keesokan paginya.

Perlu Anda ingat, pemakaian overnight mask dilakukan pada bagian akhir dari rangkaian perawatan kulit. Pastikan kulit dan tangan Anda sudah bersih agar tidak terjadi kontaminasi mengingat masker akan bertahan sepanjang Anda tidur.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : hellosehat.com

Komentar