Pemerintah Evakuasi Penumpang Kapal Terbakar di Perairan Banggai

Avatar of PortalMadura.Com
Pemerintah Evakuasi Penumpang Kapal Terbakar di Perairan Banggai
Ilustrasi - Badan SAR sedang melakukan evakuasi korban kapal tenggelam. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, Jakarta – Kapal Kesatuan dan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) milik Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Banggai bersama dengan terus melakukan proses yang di perairan Pulau Sagu, Kecamatan Bangkurung, Kabupatan Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu. dilaporkan Anadolu Agency, Sabtu (15/9/2018).

Kapal tersebut terbakar dan akhirnya tenggelam pada Jumat. Surat Persetujuan Berlayar (SPB) Kapal Fungka Permata V dikeluarkan oleh UPP Raha dengan tujuan Pelabuhan Banggai.

Kepala Kantor UPP kelas III Banggai Hopreit Balirangen mengatakan evakuasi penumpang telah dilakukan tim SAR sejak semalam pukul 19.30 WITA menggunakan kapal Apollo Express.

“Kami mengerahkan 1 unit kapal KPLP untuk ikut mengevakuasi para penumpang kapal Fungka Permata V yang terbakar tersebut,” ujar Hopreit.

Hopreit mengatakan lokasi kecelakaan kapal yang dinakhodai oleh Andi Sulistiono dengan rute pelayaran Bau Bau-Raha-Banggai-Taliabu-Sanana tersebut berjarak waktu 4 jam dari Banggai.

“Kondisi ombak dilaporkan cukup besar dan memerlukan waktu untuk mencapai lokasi kecelakaan tersebut,” jelas dia.

Kapal Fungka Permata V memiliki berat GT 221 dengan kapasitas penumpang kapal sebanyak 235 orang.

Menurut Hopreit, hingga pagi hari tadi pukul 03.00 WITA jumlah korban yang berhasil dievakuasi dengan selamat adalah 126 orang dan korban yang meninggal berjumlah 10 orang, terdiri dari 8 orang dewasa dan 2 orang balita.

“Sebagian besar korban selamat ditemukan telah menggunakan life jacket,” tambah dia.

Para korban menurut Hopreit, telah dievakuasi ke Pulau Togong Sagu dan saat ini telah diberangkatkan ke Pelabuhan Banggai.

“Selanjutnya, kami terus melakukan pencarian serta penyisiran di lokasi jika masih ada korban yang belum terevakuasi. Semoga pagi ini penumpang kapal tersebut bisa ditemukan seluruhnya,” tambah Hopreit.

Sebagai informasi, unsur SAR yang terlibat dalam proses evakuasi di samping UPP Kelas III Banggai adalah unsur Kantor SAR Palu, TNI Banggai laut, Polsek Bangkurung, KP3 Balut, BPBD Balut serta masyarakat maritim setempat. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.