Ingin Berat Badan Cepat Turun? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Berat Badan Cepat Turun? Lakukan 5 Kebiasaan Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Miliki berat badan yang ideal masih menjadi idola bagi banyak orang. Ini tidak hanya berlaku untuk wanita namun pria juga. pasalnya miliki tubuh yang ideal akan berpengaruh juga pada kesehatan tubuh.

Maka dari itu, hingga kini tak jarang kita temukan orang yang membela dirinya untuk diet ketat untuk turunkan berat badan. Padahal, untuk mencapai target berat badan yang sehat seharusnya tak perlu menempuh cara yang membikin stres.

Ada beberapa sederhana dalam keseharian yang bisa dilakukan agar target penurunan berat badan lebih mudah tercapai. Penasaran apa sajakah itu? Ini penjelasannya

Buat “Buku Harian” Makan
Sederhananya, tulislah apa yang Anda makan. Pada beberapa uji coba klinis, cara ini telah terbukti dari waktu ke waktu mampu menurunkan berat badan, bahkan dengan jumlah ganda.

Sebuah studi juga mengungkap bahwa menjaga data asupan makanan bisa memberikan perubahan signifikan terhadap kebiasaan keseharian kita. Hal ini juga membuat kita lebih cepat menurunkan berat badan.

Mulailah dengan menuliskan apa pun yang kamu makan dan minum, termasuk kopi dan air, lalu tulis kapan kamu mengonsumsinya.

Tenang, tak akan ada yang menghakimi Anda, Anda hanya perlu terus mencatat. Dengan begitu, semakin lama, Anda akan merasakan ada perubahan pola makan dan pola gerak dari diri Anda tanpa disadari.

Minum Segelas Air Sebelum Makan
Banyak orang bisa bertahan dengan hanya meminum sedikit air. Padahal, faktanya otak kita seringkali merasa bingung dalam merespons rasa haus dan lapar.

Pada akhirnya, kita akan berakhir dengan mengonsumsi keripik kentang atau buah kaya gula padahal tubuh kita sebetulnya hanya membutuhkan H2O alias air.

So, minumlah segelas air setiap sebelum makan. Dengan begitu, Anda akan mencegah dehidrasi dan mencegah diri dari perilaku makan terlalu banyak. Kondisi ini tentu saja akan berpengaruh pada penurunan berat badan.

Perketat Waktu Makan
Intermittent fasting dinilai efektif oleh beberapa pihak untuk menurunkan berat badan. Tapi, Anda tak perlu menerapkannya secara ekstrim untuk mendapatkan hasil.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada The Journal Cell Metabolism di 2015 tidak membatasi partisipan untuk mengubah kualitas atau kuantitas nutrisi mereka.

Dengan kata lain, mereka boleh makan apa yang biasa mereka makan tapi memperketat waktu makan mereka. Misalnya, partisipan yang membatasi waktu makannya hanya selama 10 jam per hari, mereka cenderung mudah menurunkan berat badan dan tidur lebih baik.

Nah dari sekarang, cobalah untuk makan hanya mulai dari pukul 10.00-20.00, atau pukul 09.00-19.00. Kamu masih boleh minum air atau kopi di luar jam tersebut.

Pengaturan semacam itu tidak memberatkan, bukan? Lalu, hindari ngemil di malam hari maka berat badan Anda bisa cepat menurun.

Sertakan Sayuran Setiap Saat
Popsugar sempat mewawancarai seorang perempuan bernama Brooke yang mampu menurunkan badan hingga 45,3 kg dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan positif ketimbang menghentikan kebiasaan buruk. Tapi, ia menambahkan sayur pada setiap sesi makan.

Tidak ada para ahli gizi yang akan melarang kita mengonsumsi sayuran, jadi jangan takut untuk mengonsumsinya sangat sering.
Ketika mengonsumsi sayur, maka perut kita akan memiliki ruang lebih sedikit untuk makanan lainnya.

Sayuran segar juga kaya akan nutrisi dan membuat kita merasa lebih baik serta berenergi.

Perbanyak Gerak
Cobalah melakukan satu kebiasaan sederhana untuk menurunkan berat badan seperti jalan kaki.

Olahraga low impact seperti jalan kaki selain mampu mengurangi stres, juga bisa dimasukkan ke dalam pola dietmu.

Pelatih olahraga selebritas sekaligus brand ambassador Fitbit, Harley Pasternak selalu mengimbau kliennya untuk jalan kaki 10.000 langkah setiap hari. Kebiasaan tersebut jika dilakukan secara rutin menurut dia akan lebih efektif ketimbang kardio intensif.

Nah, sekarang saatnya Anda mencoba lima “resep” sehat tersebut hingga bisa mewujudkan bentuk tubuh yang lebih ramping. Semoga bermanfaat. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.