oleh

Pemerintah Ingatkan Dana Desa Untuk Kesejehteraan Rakyat

PortalMadura.Com – Presiden Jokowi menitipkan kepada seluruh industri jasa keuangan terkait dengan Dana Desa.

Ia menyebutkan, tahun lalu pemerintah mentransfer ke desa Rp20,7 triliun ke 74 ribu desa yang ada di Indonesia.

Sementara tahun 2016, pemerintah akan mentransfer dana desa kurang lebih Rp47 triliun, dua kali lebih.

Menurut Presiden, jumlah dana yang ditransfer ke desa itu besar sekali.

“Kalau pengelolaannya di desa, di daerah harus didampingi industri-industri keuangan, agar uang itu tidak kembali lagi ke Jakarta,” kata Jokowi, Jumat (15/1/2016).

Presiden Jokowi meyakini ini akan memberikan dampak daya beli, dampak kesejahteraan, dampak ekonomi di desa akan sangat besar sekali.

“Saya pesan kepada kepala daerah, Gubernur, Bupati, Wali kota, jaga industri jasa keuangan, terutama yang berada di daerah, dampingi ini,” pintanya.

Presiden juga mengingatkan waktu bertemu dengan 3 ribu kepala desa, di Boyolali, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu, ia sudah berpesan agar uang itu digunakan untuk infrastruktur yang padat karya, baik yang namanya jalan, yang namanya irigasi.

“Gunakan itu, gunakan material-material yang ada di desamu sehingga uang itu keluar masuknya antar orang ke orang tapi di desa itu saja. Uang itu akan muter terus. Kekurangannya mungkin bisa saya cek, tahun ini akan dilanjutkan, tahun depan dilanjutkan, disimpan di industri jasa keuangan di daerah, di BPR sehingga uang akan muter terus disitu,” kata Presiden Jokowi menambahkan.

Presiden mengingatkan, pemerintah ingin yang kecil-kecil ini juga meloncat naik. Ini yang akan terus dikoneksikan agar kita tidak lupa pada yang di desa, pada usaha mikro, yang di kampung, di desa, di daerah.(setkab.go.id)


Tirto.ID
Loading...

Komentar