Pemerintah Terima 9 Koleksi Manuskrip Alquran Nusantara

Avatar of PortalMadura.Com
Pemerintah terima sembilan koleksi manuskrip Alquran nusantara
Warga Sidoarjo Erwin Dian Rosyidi (kanan) menyerahkan sembilan koleksi manuskrip Alqurannya kepada Kementerian Agama di Sidoarjo, Jawa Timur pada 9 Desember 2018. Sembilan manuskrip itu terdiri dari enam mushaf Alquran Kuno dan tiga manuskrip kitab-kitab keislaman. (Dokumen Kementerian Agama – Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, Jakarta – Kementerian Agama kembali mendapatkan sembilan koleksi baru manuskrip Alquran Nusantara yang berumur ratusan tahun.

Manuskrip kuno ini berasal dari pemberian warga Sidoarjo Erwin Dian Rosyidi yang menyerahkan sebagian koleksinya kepada Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI) Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kementerian Agama.

Berdasarkan keterangan Kementerian Agama, sembilan manuskrip itu terdiri dari enam mushaf Alquran Kuno dan tiga manuskrip kitab-kitab Keislaman.

“Saya berharap, gerakan penyelamatan manuskrip ini diikuti Masyarakat lain, mengingat luar biasa banyaknya manuskrip di Masyarakat yang kini sudah hancur,” kata Erwin seperti dirilis Kementerian Agama pada Senin.

Erwin mengatakan manuskrip adalah peninggalan leluhur bangsa Indonesia yang tak ternilai harganya.

Untuk itu, dia berharap Pemerintah lebih meningkatkan perhatiannya terhadap keamanan dan kelestarian barang-barang langka tersebut.

Kepala Seksi Koleksi dan Pameran BQMI Saifuddin mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Erwin atas kepeduliannya yang tinggi kepada kelestarian manuskrip Nusantara. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (10/12/2018).

Menurut Saifuddin, apa yang dilakukan Erwin menjadi bagian dari gerakan penyelamatan manuskrip Nusantara.

Dia menambahkan manuskrip-manuskrip ini akan dikonservasi dan digitalisasi terlebih dahulu agar bisa diakses lebih mudah oleh generasi bangsa di masa mendatang.

“Selanjutnya, manuskrip ini juga akan dipamerkan di Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal,” ujar Saifuddin. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.