Pemerintahan Trump Tolak Kedatangan Menlu Iran ke AS

Avatar of PortalMadura.com
Pemerintahan Trump Tolak Kedatangan Menlu Iran ke AS
Ilustrasi (Foto file-Anadolu Agency)

PortalMadura.Com – Pemerintahan menghalangi Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif masuk ke wilayah Amerika Serikat untuk berpidato di PBB mengenai pembunuhan pejabat militer Iran.

Menurut majalah Foreign Policy, Zarif sudah mengajukan permohonan visa “beberapa waktu lalu” untuk membahas masalah itu di rapat Dewan Keamanan pada Kamis, tetapi permohonannya ditolak.

“Langkah itu merupakan pelanggaran terhadap kesepakatan markas PBB tahun 1947 yang mengharuskan AS untuk mengizinkan pejabat asing masuk ke negaranya terkait urusan dengan PBB,” tambah majalah itu.

Langkah tersebut terjadi di tengah memanasnya hubungan Washington dan Teheran setelah AS membunuh Qassem Soleimani, komandan pasukan elite Garda Revolusi Iran, dalam serangan udara di Baghdad, Irak.

Pertemuan pada Kamis bertujuan memberikan kesempatan pertama bagi menlu Iran untuk berbicara langsung di hadapan tokoh-tokoh dunia mengenai serangan AS ke Iran.

Terbunuhnya Soleimani telah mengeskalasi konflik AS-Iran yang telah muncul sejak 2018, ketika Washington secara sepihak menarik diri dari pakta nuklir 2015.

Pascaserangan itu, Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei bersumpah akan membalas dendam ke AS.

Pentagon menuding Soleimani merencanakan serangan terhadap kedutaan besar AS pekan lalu dan menyerang diplomat AS di Irak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.