Pemilih Pemula Jadi Target Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bawaslu Sampang

Avatar of PortalMadura.Com
Pemilih Pemula Jadi Target Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bawaslu Sampang
Ketua Bawaslu Sampang, Insiyatun. (Foto . Rafi)

PortalMadura.Com, Sampang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur akan gelar pada Pemilih Pemula pada Pemilu 2019.

Agenda sosialisasi itu akan dilaksanakan pada Sabtu 22 Desember 2018, mulai pukul 09:00 WIB sampai selesai, bertempat di aula salah satu hotel di wilayah Kecamatan Camplong, Sumenep.

Peserta yang akan dilibatkan pada sosialisasi tersebut, dijadwalkan melibatkan mahasiswa aktif di wilayah Sampang serta unsur lainnya.

Ketua , Insiyatun memaparkan, sosialisasi dilaksanakan sebagai upaya optimalisasi pengawasan terhadap proses Pemilu bagi pemilih pemula. Pihaknya menilai, mahasiswa itu belum terkontaminasi dengan pemikiran yang mengarah pada gerakan politik.

Melalui sosialisasi pengawasan partisipatif, pihaknya ingin mengajak mahasiswa atau pamilih pemula ikut andil dalam pengawasan pada setiap tahapan Pemilu dari berbagai metode yang telah tersusun.

“Mahasiswa diharapkan dapat membantu melakukan pengawasan pada pelaksanaan tahapan-tahapan serta menguasai teknik pengawasan pada Pemilu 2019,” ujarnya, Kamis (20/12/2018).

Insiyatun menilai potensi mahasiswa merupakan pemilih yang cerdas sehingga perlu dibangun dari masing-masing individu itu menjadi pengawas partisipatif dan bermitera dengan pihak penyelenggara.

“Menjadi mitra Bawaslu utamanya dalam tahapan kampanye. Baik dari peserta kampanye pemilihan Presiden dan calon legislatif,” katanya.

Pemilu 2019 akan digelar pada 17 April 2019.(Rafi/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.