Presiden Joko Widodo Resmikan 4 Ruas Tol di Jawa Timur

Avatar of PortalMadura.Com
Presiden Joko Widodo resmikan empat ruas tol di Jawa Timur
Presiden Joko Widodo. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Presiden Joko Widodo meresmikan empat ruas tol di Jawa Timur, Kamis.

Keempat ruas tol tersebut adalah tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 38 Km, tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 Km, tol Surabaya-Gempol Seksi Relokasi Porong-Gempol 6 Km, dan tol Jombang-Mojokerto Seksi Bandar-Kertosono sepanjang 1 Km.

Dalam peresmian tersebut juga turut hadir Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

“Setelah ini di Jawa Tengah akan diresmikan tol Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartasura sepanjang 142 Km,” ungkap Presiden Joko Widodo. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (20/12/2018).

Presiden mengatakan dengan pembukaan jalan tol di Provinsi Jawa Timur maupun Provinsi Jawa Tengah, maka Jakarta-Surabaya sudah tersambung seluruhnya dan bisa dilalui kendaraan dengan jarak kurang lebih 741 Km.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga mencoba jalan tol baru sepanjang 341 Km dari Surabaya menuju Jembatan Kali Kuto Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

“Kita harapkan dengan telah selesainya dan tembusnya Jakarta-Surabaya ini, kita ingin infrastruktur betul-betul punya manfaat, lebih memudahkan, lebih murah, dan lebih cepat,” ungkap Presiden.

Selain itu, Presiden mengatakan keberadaan jalan tol juga memberikan alternatif kepada Masyarakat untuk memilih menggunakan jalan tol atau arteri.

Dari keempat jalan tol yang sudah diresmikan hari ini, tiga di antaranya dikelola oleh Jasa Marga dan Kelompok Usaha Jasa Marga, yaitu jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri yang dikelola oleh PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri.

Kemudian jalan tol Gempol-Pasuruan yang dikelola oleh PT Jasamarga Gempol Pasuruan, dan jalan tol Surabaya-Gempol Relokasi Porong-Gempol yang dioperasikan oleh Cabang Surabaya-Gempol.

Ketiga jalan tol tersebut telah beroperasi seutuhnya dan menjadi bagian Jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

Keberadaan Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri, Jalan Tol Gempol-Pasuruan dan Jalan Tol Surabaya-Gempol Relokasi Porong-Gempol ini menurut keterangan resmi dari PT Jasa Marga, dapat mendorong percepatan dan peningkatan arus barang dan jasa, khususnya untuk wilayah Jawa Timur, serta perkembangan pariwisata di daerah sekitar. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.