Pemisahan PDAM dan Adeni Lambat, Dewan Singgung Eksekutif

Avatar of PortalMadura.com
Pemisahan PDAM dan Adeni Lambat, Dewan Singgung Eksekutif
dok. PDAM Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Wacana pemisahan manajemen air mineral Adeni dengan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, hanya sebatas ‘omong doang’. Pasalnya, usulan yang telah disepakati oleh DPRD tersebut sampai sekarang tidak jelas.

Anggota Komisi II DPRD Pamekasan, Harun Suyitno mengatakan, pembahasan tentang pemisahan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hingga kini belum disampaikan kepada legislatif. Padahal, apabila pembahasan selesai, legislatif akan langsung membahas Peraturan Daerah (Perda) mengenai hal tersebut.

“Karena pemisahan itu juga harus ada perdanya, kami di DPRD sudah sepakat tentang pemisahan itu, tapi eksekutif sendiri yang lambat dalam menyampaikan usulannya,” ungkapnya, Sabtu (14/4/2018).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, kendala pemisahan PDAM dan Adeni adalah menunggu usulan eksekutif. Kemudian kendala lainnya adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut memiliki jajaran komisaris yang dijabat oleh Bupati dan Sekretaris Daerah, sehingga DPRD tidak bisa mengambil langkah secara langsung.

Baca Juga:  Bendum BMI, Kaisar: Ayo Himpun Segenap Potensi Pemuda Madura

“DPRD hanya bisa meminta dan menekan agar eksekutif bisa segera menyampaikan hasil pembahasannya, tapi sampai sekarang tidak ada apa-apa, ya mau gimana lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Pamekasan, Agoes Bachtiar, mengaku tidak keberatan apabila Perusahaan Adeni dipisah dengan PDAM yang selama ini ada di bawah naungan instansinya. Tetapi dengan syarat kajian tentang pemisahan ini benar-benar matang tanpa ada tendensi apapun.

“Kami selama ini tidak diam, kami sedang membahas langkah-langkahnya bagaimana,” pungkasnya. (Marzukiy/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.