Pemkab Bingung Kembangkan Wisata Api Tak Kunjung Padam

Avatar of PortalMadura.com
Pemkab Bingung Kembangkan Wisata Api Tak Kunjung Padam
dok. Gerbang Salam Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, telah melakukan negosiasi dengan pemilik lahan terkait pengembangan di Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pamekasan, Achmad Sjaifuddin mengungkapkan, pihaknya kesulitan untuk mengembangkan tempat wisata tersebut karena pemilik lahan tidak mau lahannya dibebaskan. Tetapi justru minta penyertaan modal dari pemerintah.

“Lahan Api Tak Kunjung Padam itu (pemiliknya) tidak mau dibebaskan atau disewa, yang mau itu dikerjasamakan. Semacam penyertaan modal lah, tapi persoalannya untuk Pemkab payung hukum terkait pengelolaan lahan masyarakat itu,” ungkapnya, Jumat (2/6/2017).

Pihaknya akan melakukan konsultasi kepada ahli hukum terkait masalah itu guna menghindari masalah hukum di kemudian hari. Apakah bisa pemkab mengelola lahan punya masyarakat atau tidak.

“Karena yang ada regulasinya itu pengelolaan aset negara, saya sendiri sampai sekarang belum menemukan regulasinya. Kami masih mau bertemu dengan bapak Bupati,” tandasnya.

Dalam kerja sama itu, masyarakat atau pemilik lahan meminta Pemkab membangun fasilitas di tempat wisata tersebut dengan sistem bagi hasil. Sehingga, pihaknya masih bingung untuk mencari pola pengelolaan guna menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. (Marzukiy/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.