oleh

Pemkab Sumenep Imbau Pengelola Wisata Tak Buka, Jika Memaksa Ada Konsekuensi

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tetap mengimbau agar pengelola pariwisata tidak membuka usahanya pada libur lebaran Idul Fitri 1441 H.

Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Bambang Irianto menegaskan, untuk mencegah penyebaran virus corona dibutuhkan kebersamaan semua pihak.

Maka, untuk memutus mata rantai Covid-19 di Sumenep perlu dilakukan bersama-sama. Hal ini, kata dia, perlu untuk dimaklumi bersama. “Jadi, mohon untuk dimaklumi,” ujarnya, Jumat (22/5/2020).

Pihaknya menyadari jika sifatnya hanya imbauan dan tidak bisa memaksakan kepada semua pengelola wisata di Sumenep. “Kita memang tidak bisa memaksa. Tapi imbauan itu kan mengikat karena situasi. Konsekuensi pasti ada,” tegas Bambang tanpa menyebutkan bentuk konsekuensi dimaksud.

Menurut dia, persoalan virus corona bukan persoalan lokal Sumenep, namun masalah bangsa dan dunia internasional, sehingga tindak lanjut dari persoalan itu, atas nama pemerintah daerah, pihaknya sudah menerbitkan surat edaran yang bersifat imbauan agar wisata ditutup sementara pada masa pandemi Covid-19.

Bahkan, pihaknya menyangkal jika ada izin pembukaan wisata yang dikeluarkan bagi pengelola wisata di Sumenep. “Memang ada yang mengajukan izin untuk buka, tapi sampai saat ini tidak ada izin yang kami keluarkan,” tandasnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep tetap pada komitmen awal, yakni melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 secara bersama-sama dengan masyarakat yaitu jangan ada kerumunan warga, pakai masker dan ikuti protokol kesehatan Covid-19.

Dalam waktu dekat, pihaknya berjanji akan melakukan koordinasi dengan para pihak agar wisata di Sumenep tetap tutup sementara waktu, pada masa pandemi Covid-19.

Sebelumnya, pengelola wisata Gua Soekarno Sumenep yang berlokasi di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Sumenep menjadwalkan akan membuka kembali pada Senin 25 Mei 2020.

Pihak pengelola tetap akan memerhatikan protokol kesehatan selama Gua Soekarno Sumenep dibuka untuk umum. Bahkan, door prizes bagi pengunjung sudah matang dipersiapkan.(*)

Baca Juga : Kabar Baik, 25 Mei Wisata Gua Soekarno Sumenep Dibuka

Tonton Juga Video Tiga ‘Penampakan‘ di Jl. Diponegoro Sumenep DISINI

Penulis : Lisa Mana L
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar