Pemkab Sumenep Intai Kelalaian Kerja ASN Melalui Absensi Online

Avatar of PortalMadura.com
Pemkab Sumenep Intai Kelalaian Kerja ASN Melalui Absensi Online
Kepala BKPSDM Sumenep, Titik Suryati, menunjukkan Smart ID Card (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan memanfaatkan atau Sistem Informasi Absensi Pegawai (SIAGA) dan sebagai alat untuk mengawasi kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab setempat.

“Melalui absensi online ini semua kinerja ASN bisa terdeteksi. Misalnya, lambat masuk atau pulang lebih awal, karena mereka harus absen saat datang dan pulang,” kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep, Titik Suryati, Jumat (25/5/2018).

Menurutnya, setiap ASN yang lambat absen akan dihitung meski hanya lambat satu jam atau kurang. Terlambatnya masuk kerja itu akan diakumulasikan selama satu bulan. Total terlambatnya masuk tersebut akan berpengaruh pada jumlah tunjangan yang akan diterima ASN setiap bulannya.

“Kalau nanti bolos atau terlambat, sesuai absen ditotal selama satu bulan mencapai 2 atau 3 hari kerja, maka tunjangan ASN tersebut akan dikurangi sesuai bolos atau terlambatnya masuk kerja,” ucapnya.

Saat ini, lanjutnya, ASN di lingkungan tidak bisa mengelak lagi kalau melakukan kelalaian dalam bekerja, utamanya waktu masuk kerja. Sebab, absensi online ini semuanya akan diketahui, siapa yang sering lambat masuk dan lambat berapa lama.

“Melalui absensi online ini kami akan pantau kinerja para abdi negara ini. Sesuai keinginan pak bupati, semua ASN harus bekerja maksimal, terutama dalam pelayanan publik,” tegasnya.

Pemkab Sumenep secara resmi meluncurkan Sistem Informasi Absensi Pegawai (SIAGA) dan Smart ID Card pada tanggal 11 Mei 2018. Sebanyak 9.423 ASN di lingkungan Pemkab Sumenep telah memiliki Smart ID Card, baik yang bekerja di wilayah daratan maupun di kepulauan. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.