Pemkab Sumenep Siapkan Kapal Cepat Pulangkan Calon Penumpang Tertahan

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Slamet HidayatEditor: Hartono
Calon penumpang asal Pulau Kangean, Sumenep, menunggu pemberangkatan kapal di Pelabuhan Kalianget, Jumat (6/1). (Slamet HD/PortalMadura.Com)
Calon penumpang asal Pulau Kangean, Sumenep, menunggu pemberangkatan kapal di Pelabuhan Kalianget, Jumat (6/1). (Slamet HD/PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, , Madura, Jawa Timur, menyiapkan kapal cepat untuk memulangkan ratusan calon penumpang yang tertahan di Kalianget sejak pekan lalu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, dan Perhubungan (PRKPP) Sumenep, Moh Jakfar menjelaskan, pemerintah daerah berkomitmen untuk memfasilitasi calon penumpang kapal yang tertahan di Kalianget itu bisa cepat pulang.

Selain , pemerintah daerah juga meminta operator kapal cepat untuk beroperasi ke Kangean dan Sapeken.

“Kapal cepat itu tidak bisa membawa muatan barang dalam jumlah besar, karena memang disiapkan untuk angkut orang. Makanya, opsi pertama adalah memberangkatkan Kapal DBS III, karena bisa angkut orang dan barang dalam jumlah besar,” ujarnya di Sumenep, Jumat (6/1).

Ratusan calon penumpang tertahan di Kalianget akibat penundaan pemberangkatan kapal, karena cuaca laut buruk sejak pekan lalu.

Pada Jumat (6/1) pagi pukul 08.00 WIB, Kapal DBS III telah dijadwalkan berlayar dari ke Kangean dan Sapeken.

Namun, hingga waktu keberangkatan yang ditentukan, kapal penumpang tersebut belum sandar di dermaga III Pelabuhan Kalianget, karena modul pengangkat jangkar dan katrol pengangkut barang mengalami kerusakan.

Kerusakan itu dalam proses perbaikan. Kondisi tersebut yang membuat waktu keberangkatan Kapal DBS III ke Kangean dan Sapeken ditunda menjadi pada Jumat (6/1) sore.

“Untuk mengurai penumpukan calon penumpang orang di Kalianget, kami telah meminta operator kapal cepat berangkat ke Kangean dan Sapeken pada Jumat (6/1) siang. Saat ini, kapal cepat tersebut dalam perjalanan ke Pelabuhan Kalianget,” kata Jakfar, menerangkan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.