5 Kandungan Mineral yang Dibutuhkan Kulit

Avatar of PortalMadura.com
5 Kandungan Mineral yang Dibutuhkan Kulit
Ilustrasi (Halodoc)

PortalMadura.Com – Kulit merupaan organ terbesar tubuh yang perlu dijaga dari paparan sinar ultraviolet (UV), agar tetap sehat dan cantik. Banyak cara untuk menjaga kecantikan kulit, yang paling mudah yaitu menggunakan tabir surya dan mengunsumsi makanan bergizi.

Namun ternyata, kulit juga butuh vitamin dan mineral yang akan membuat tampilan kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya. Lantas, mineral apa saja yang dibutuhkan kulit? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini beberapa mineral baik yang sangat dibutuhkan kulit.

Magnesium Melindungi Kulit dari Kerusakan Eksternal

Magnesium merupakan salah satu elektrolit utama yang melindungi kulit dari kerusakan eksternal. Ini termasuk mengatur regenerasi, memperbaiki sel dan meningkatkan pemulihan saat kulit terganggu.

Diinformasikan dari Womenshealthmag, magnesium memiliki sifat antiinflamasi yang membuat kulit lebih sehat. Dengan magnesium, kulit jadi tidak terlihat kusam dan rusak saat berkeringat. Bahkan dalam produk perawatan kulit, magensium juga bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit. Secara alami, magnesiun terkandung dalam beras merah dan kacang-kacangan.

Potasium Dapat Membantu Melembapkan Kulit

Secara keseluruhan, kesehatan dan kecantikan kulit juga bisa Anda dapatkan dari potasium.

Diwartakan dari Ironmountainhotsprings, potasium dapat meningkatkan kelembapan kulit. Biasanya senyawa ini digunakan dalam kosmetik, produk mandi dan sunscreen untuk menyesuaikan pH maupun melembabkan kulit.

Bahkan jenis mineral yang ada pada pisang, kentang dan ubi adalah dukungan terbaik terhadap pertumbuhan sel kulit baru serta membantu menyembuhkan dari bekas luka. Artinya, potasium memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mengatur kadar air dalam sel tubuh.

Selenium Berperan Penting Sebagai Antikanker

Ternyata, selenium berfugsi untuk mencegah infeksi kulit dari bakteri dan meningkatkan glutathione yang mempercepat proses penyembuhan kulit. Bahkan jenis mineral yang ada pada makanan laut ini bisa membantu mengurangi jerawat.

Dilansir dari Stylecraze, selenium berperan penting sebagai antikanker terhadap kanker kulit dan jenis kanker lainnya. Lebih dari itu, selenium diyakini memiliki manfaat dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan mencegah terbakarnya sel kulit akibat matahari.

Sulfur Memiliki Sifat Antibakteri Terhadap Jerawat

Dalam hal perawatan kulit, sulfur berfungsi untuk melindungi kulit dari penuaan. Termasuk meningkatkan kebersihan kulit. Lebih dari itu, sulfur memiliki efek antibakteri terhadap bakteri penyebab jerawat.

Dendy Engelman, MD, seorang dokter kulit di Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery di New York City mengatakan kepada Thehealthy bahwa sulfur adalah mineral alami yang ditemukan di sumber air panas untuk membuat kulit lebih ideal bebas berjerawat.

Bahkan sulfur dapat membantu membunuh bakteri dan mengeluarkan minyak pada kulit, yang pada gilirannya mengurangi penumpukkan di pori-pori.

Zinc Memberi Perlindungan Kulit dari Sinar UV

Jenis mineral seperti zinc sangat baik untuk membentuk kolagen dan mengurangi pembentukkan radikal bebas pada kulit.

Diberitahu dari Byrdie, zinc bekerja dengan vitamin dan mineral lain untuk membantu mengobati lesi kulit. Ketika diminum, zinc dapat mengurangi keparahan jerawat dan tanda-tanda awal penuaan kulit.

Kandungan zinc yang ada di dalam produk susu, telur dan makanam laut juga bermanfaat pada proses penyembuhan maupun regenerasi luka. Selain itu, zinc yang sering ditemukan di tabir surya sangat berkinerja tinggi sebagai penghalang antara kulit dan sinar UV.

Itulah 5 jenis mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Sebagai komponen penting, apakah Anda akan memanfaatkannya?

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.