Pemkab Sumenep Siapkan Kapal DBS III Angkut Calon Penumpang Kapal Tertahan

Avatar of PortalMadura.com
Pemkab Sumenep Siapkan Kapal DBS III Angkut Calon Penumpang Kapal Tertahan
Sebagian calon penumpang kapal yang tertahan berada di Pelabuhan Kalianget akibat penundaan pemberangkatan kapal, karena cuaca laut buruk sejak pekan lalu. (Slamet HD/PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, – Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyiapkan Kapal DBS III untuk mengangkut calon penumpang kapal yang tertahan di Kalianget sejak pekan lalu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, dan Perhubungan (PRKPP) Sumenep Moch Jakfar menjelaskan, pemerintah daerah terus berkoordinasi dengan para pihak terkait untuk memulangkan ratusan calon penumpang tersebut.

“Hasil koordinasi tersebut, kami meminta operator Kapal DBS III berangkat dari ke Pulau Kangean dan Sapeken pada Jumat (6/1), jika cuaca laut kondusif dan mendapat persetujuan dari otoritas kesyahbandaran dan pelabuhan,” ujarnya di Sumenep, Kamis (5/1).

Selain itu, ada kapal yang akan berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Pulau Masalembu pada Jumat (6/1) atau Sabtu (7/1), jika cuaca laut kondusif dan juga mendapat persetujuan dari otoritas kesyahbandaran dan pelabuhan.

“Kami di pemerintah daerah terus berupaya dan memfasilitasi agar ratusan calon penumpang yang tertahan di Kalianget sejak pekan lalu  bisa segera pulang. Namun, sekali lagi, pemberangkatan kapal itu tergantung kondisi cuaca laut dan otoritas kesyahbandaran dan pelabuhan,” katanya, menegaskan.

Jakfar pun berharap cuaca laut segera kondusif dan selanjutnya kapal penumpang bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

Sejak pekan lalu, cuaca laut buruk mengakibatkan penundaan pemberangkatan kapal dari Pelabuhan Kalianget.

Kondisi tersebut membuat ratusan calon penumpang kapal tertahan di Kalianget, sebagian menginap di terminal penumpang dermaga III Pelabuhan Kalianget dan sebagian lainnya di Aula Kantor Kecamatan Kalianget.

Calon penumpang kapal yang tertahan itu berasal dari sejumlah pulau di Sumenep, yakni Kangean, Masalembu, Sapeken, dan Raas. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.