oleh

Pemuda Raas, Didaulat Studi Banding Soal Ketahaan Nasional Ke Korea Selatan

PortalMadura.Com, Sumenep – Suryadi, pemuda asal Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur didaulat untuk melakukan studi banding soal ketahanan nasional ke Korea Selatan, selama 15 hari.

Proses untuk mewakili Jawa Timur keluar negeri bersama pemuda lain dari seluruh provinsi di Indonesia tentu bukan hal yang mudah. Alumni Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep tahun 2013 ini telah mampu mempresentasikan karya ilmiahnya soal ketahanan nasional antar pemuda di Jatim yang diselenggarakan Kemenpora.

Menurut Suryadi, kelahiran Sumenep, 8 Mei 1988 ini, bahwa ketahanan nasional, bukan semata-mata terletak pada kecanggihan moncong senjata yang dimiliki negara Indonesia. Namun, tergantung pada moralitas pemuda saat ini dan yang akan datang.

“Bagaimana bisa mampu ketahanan nasional dibangun dengan baik dikalangan pemuda, bila lagu Indonesia Raya harus ditukar dengan musik barat menggelegar dimana-mana. Bagaimana bisa menghormati dan menghargai bendera Merah Putih, bila pemuda sudah dicekoki dengan bendera partai politik,” ujar Suryadi mengutip sebagian kecil tulisannya yang mengantarkan dirinya ke Korea Selatan.

Tidak hanya itu, sambungnya, pemuda terus dirongrong dari berbagai hal dan ala kebarat-baratan. “Pemuda yang seharusnya menjunjung lambang negara berupa Burung Garuda, tapi sudah terkalahkan dengan berbagai lambang ala barat,” katanya.

Oleh karenanya, kejayaan bangsa ini, tergantung pada ideologi pemuda saat ini.

Dijadwalkan, sebelum berangkat ke Korea Selatan, harus mengikuti pembekalan di Lemhanas. “Tanggal 4 Nopember ini, saya berangkat untuk mengikuti pembekalan. Saya juga tidak tahu berapa lama pembekalannya. Informasi yang saya terima, lamanya 15 hari dari pembekalan sampai selesai study banding ke Korea Selatan,” pungkas mantan Sekum Cabang PMII Sumenep ini.(htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE