oleh

Pemuda Resahkan Sampah Berlimpah di Pesisir Junganyar, Socah

PortalMadura.Com, Bangkalan – Belum usai permasalahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Buluh, Socah dan TPA sementara di Desa Bunajih, Labang, kini warga dan para pemuda Desa Junganyar, Socah turut bersuara terkait persoalan sampah.

Andre, salah seorang pemuda Desa Junganyar mengatakan, sampah di pesisir sangat mengganggu, ditambah lagi di sana tidak ada tempat sampah masal semacam Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

“Apalagi kalau air laut surut, sampah muncul semua, berserakan dan bau cukup menyengat,” ujarnya, Kamis (26/3/2020).

Baca Juga : Semakin Siaga Covid-19, Disbudpar Akhirnya Tutup Wisata Bangkalan

Ia menerangkan, kasus sampah di pesisir Desa Junganyar sudah terjadi sejak lama, namun kurang mendapat perhatian dari pemerintah, baik di kabupaten, kecamatan maupun pemerintah desa.

Gak pernah ada (pemerintah) yang serius menyelesaikan masalah sampah di pesisir, dari dulu begitu terus, edukasi dan sosialisasi tentang sampah pada masyarakat juga gak ada,” keluh Andre.

Andre mengklaim, dirinya bersama para pemuda Desa Junganyar pesisir sudah bersepakat untuk melakukan gerakan bersih sampah di pesisir pantai namun masih terkendala beberapa hal. “Salah satunya, karena DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Bangkalan masih ‘pusing’ dengan penyelesaian masalah TPA,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Junganyar, M. Nasir, masih sedikit memberikan keterangan ketika ditanyakan terkait upaya menyelesaikan permasalahan sampah di pesisir Desa Junganyar, Socah.

“Kita jangan gegabah bicarakan itu (masalah sampah) dulu, masih banyak yang perlu dibicarakan terkait problem di desa ini,” katanya.(*)

Penulis : Ubay NA
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar