Pemuda Tulang Punggung Kejayaan Bangsa

Avatar of PortalMadura.com
Pemuda Tulang Punggung Kejayaan Bangsa

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, memperingati ke-94 dengan cara melaksanakan upacara bendera merah putih.

Wakil Bupati Sampang, H. Abdullah Hidayat menyampaikan, peringatan Sumpah Pemuda merupakan upaya menghadirkan sejarah masa lalu yang perlu direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” ujarnya, Jumat (28/10/2022).

Menurutnya, peran pemuda dalam memelopori dan membangun visi kebangsaan telah disertai rangkaian pergerakan yang mengantarkan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Momentum ini, memiliki arti penting karena ancaman terhadap kesatuan negara selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” lanjutnya.

Mantan Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) daerah Sampang itu, mengakui, bahwa tema Bersatu Bangun Bangsa pada peringatan hari Sumpah Pemuda memberikan pesan mendalam dengan bersatu padu merupakan harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan.

“Ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia,” jelasnya.

Pihaknya menilai, para pemuda sebagai tokoh baru yang akan berperan pada masa akan datang. Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045. Namun, menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Pada kondisi pemuda era modern, pihaknya terdapat optimisme penuh harapan, dan mengahdapi beberapa tantangan dalam upaya mempertahankan kemajuan negara.

“Pemuda telah menunjukan banyak capaian prestasi melalui berbagai bidang yang membanggakan. Baik level nasional maupun internasional, dan menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.