Pemula, 6 Fungsi Alat Makeup Ini Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Pemula, 6 Fungsi Alat Makeup Ini Wajib Anda Ketahui
Ilustrasi (IDN Times)

PortalMadura.Com – Ada beragam alat makeup yang beredar di pasaran yang berfungsi untuk merias wajah. Bagi pemula, jika tidak tahu dengan fungsinya, maka tentu akan percuma menggunakannya. Bahkan, jika salah menggunakannya akan merusak penampilan.

Oleh karena itu, menjadi penting untuk mengetahui setiap fungsi dari alat makeup tersebut. Khususnya bagi Anda yang sering beraktivitas sehari-hari. Penasaran dengan apa saja manfaat alat makeup yang esensial bagi pemula?.

Dilansir Liputan6.Com, yang dikutip dari South China Morning Post, berikut beberapa fungsi alat makeup yang perlu Anda ketahui:

Spons Makeup

Spons makeup merupakan alat yang digunakan untuk mengaplikasikan foundation, produk cair atau krim ke wajah. Cara menggunakan alat ajaib ini tidak sulit, cukup membasahinya dengan air, kemudian memerasnya, baru aplikasikan produk makeup ke wajah Anda.

Perlu Anda ketahui, penggunaan air pada spons berfungsi agar produk makeup yang menempel pada wajah tidak berlebihan sehingga wajah Anda terlihat lebih natural.

Pada bagian spons yang berbentuk bundar dapat Anda gunakan untuk menekan dan membaurkan produk makeup ke wajah Anda. Sedangkan, yang berbentuk runcing bisa digunakan untuk memadukan concealer di bawah mata Anda atau di area lain.

Selain itu, spons juga bisa dijadikan alat makeup untuk menempelkan bedak cair atau padat ke wajah Anda untuk mengatur foundation atau concealer Anda. Intinya, dengan menggunakan spons tersebut makeup Anda akan lebih rata di wajah.

Small Eye Shadow Brush

Kuas eye shadow merupakan kuas kecil yang digunakan untuk mengaplikasikan warna pada bagian kelopak mata. Kuas ini memiliki helaian bulu, bentuknya pipih dengan ujung yang tebal (cenderung cembung).

Bagi Anda yang memiliki bentuk mata cenderung lebih kecil, Anda dapat menggunakan sisi kuas yang lebar untuk menekan warna eye shadow ke kelopak mata.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sudut kuas untuk membubuhkan warna yang lebih gelap di sudut luar mata Anda agar mempertegas karakter makeup.

Tapered Crease Brush (Kuas Runcing)

Kuas dengan ujungnya yang meruncing dan tajam ini berfungsi untuk mengaplikasikan, kontur, highlight dan membaur eye shadow pada lipatan mata. Biasanya, kuas jenis ini memiliki bulu lebih panjang daripada kuas eye shadow.

Kuas ini sengaja dibuat dengan bulu lembut, halus, padat, tidak mudah patah dan rontok. Hal itu membantu Anda untuk mengaplikasikan makeup dengan mudah dan menciptakan lipatan mata yang indah.

Blending Brush

Blending brush merupakan kuas dengan versi yang sedikit lebih besar dari kuas sebelumnya, dengan ujungnya yang bulat dan lembut. Kuas jenis ini cocok untuk memadukan warna eye shadow dan membentuk gradasi agar tampak lebih natural.

Jika Anda selesai menggunakan makeup, blending brush juga dapat membersihkan warna eye shadow di seluruh kelopak mata Anda. Selain itu, kuas ini juga sering digunakan saat merias pengantin untuk membuat garis tegas pada kelopak mata.

Big Powder Brush

Big powder brush memiliki fungsi untuk membaurkan bubuk bedak sehingga terlihat merata saat diaplikasikan pada wajah. Biasanya, kuas yang digunakan untuk mengaplikasikan bedak tabur ini mempunyai bulu yang halus, panjang, dan juga tebal.

Dengan menggunakan kuas tersebut, Anda bisa mengurangi risiko bedak terlalu tebal di wajah sehingga dapat tampil lebih natural.

Duo Fibre Brush

Duo fibre brush merupakan kuas dengan panjang hampir silindris. Memiliki warna hitam pada dasarnya dan ujung putih di bagian atas. Kuas ini untuk melapisi produk ringan dan cocok membangun pigmen dan tekstur secara bertahap di wajah.

Bagi pemula, kuas ini dapat digunakan saat memakai blush on karena bulunya yang halus. Kuas ini juga cocok untuk bahan kosmetik cair atau foundation berbentuk krim.

Baca Juga : 5 Tanda Alat Makeup Anda Perlu Diganti

Kepala yang rata dan berbulu memudahkan Anda untuk menebalkan foundation secara bertahap hingga mendapatkan hasil sempurna dan natural.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.