Pendaftaran Haji di Sumenep Kembali Dibuka

Avatar of PortalMadura.com
Pendaftaran Haji di Sumenep Kembali Dibuka
Innani Mukaromah

PortalMadura.Com, di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, kembali dibuka setelah Sumenep memasuki Level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.

“Alhamdulillah, sejak Selasa (31/8) aplikasi siskohat (pendaftaran haji) telah dibuka,” teerang Kasi Haji dan Umroh Kabupaten Sumenep, Innani Mukaromah, Jumat (10/9/2021).

Menurutnya, pendaftaran haji tahun 2021 kembali dibuka karena adanya penurunan level PPKM Jawa-Bali di Sumenep, sehingga kebijakanya lebih longgar.

Ia menegaskan, selama pendaftaran haji dibuka, pendaftar tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Sebab, kata dia, untuk menjaga penularan Covid-19.

“Artinya, meskipun Sumenep level 2 baiknya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan demi keamanan dan kenyaman kita semua,” ujarnya.

Namun, kata dia, antusias pendaftar haji di Sumenep terbilang minim daripada sebelum adanya pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Kalau sebelum pandemi pendaftar terbilang cukup banyak. Untuk saat ini karena situasi pandemi, setiap hari terkadang hanya 1-2 orang,” katanya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat Sumenep jika ingin mendaftar haji tahun 2021 untuk melengkapi administrasi yang menjadi ketentuan.

“Pendaftar setelah melakukan validasi di bank, langsung membawa berkas ke kantor Kemenag untuk di entri ke aplikasi Siskohat untuk mendapat porsi haji,” jelasnya.

Sebelumnya, Kantor Kementerian Agama (Ka Kemenag) Kabupaten Sumenep, sempat menghentikan pendaftaran haji tahun 2021 selama penerapan PPKM level 3 di Sumenep.

Penutupan sementara itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenag Pusat. Daerah meneruskan SE tersebut.

Para pendaftar haji tahun 2021 di Sumenep memiliki jangka waktu tunggu selama 32 tahun. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.