oleh

Penderita Asma, Ini 5 Cara Tepat dan Aman Jika Ingin Berolahraga

PortalMadura.Com – Salah satu penyakit yang bersifat bawaan dan susah sembuh yaitu asma. Memiliki riwayat penyakit ini tentunya akan membuat seseorang merasa sulit untuk beraktivitas. Karena, saat beraktivitas lebih biasanya asma akan mudah kambuh.

Tidak heran, jika sebagian orang mengurangi aktivitas sehari-hari untuk mencegahnya. Lantas, bagaimana dengan olahraga yang merupakan kegiatan fisik?. Bagi penderita asma, olahraga bisa saja dilakukan. Akan tetapi, sebelumnya harus memerhatikan beberapa hal di bawah ini:

Berikut ini tips aman yang bisa Anda terapkan ketika melakukan olahraga:

1. Sebelum memulai olahraga, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan memberi saran yang baik, memberitahu Anda tentang kondisi tubuh Anda dan menyarankan olahraga yang cocok untuk Anda lakukan.

2. Selalu gunakan obat pra-olahraga untuk penderita asma, jika dokter meresepkan, seperti misalnya bronkodilator inhalasi, kromolin, atau nedocromil. Ini mungkin diresepkan untuk asma mudah kambuh sebelum melakukan olahraga.

3. Lakukan pemanasan dan selalu lakukan pendinginan saat setelah olahraga untuk menjaga sistem pernapasan tidak mengalami shock yang memicu terjadinya asma.

4. Jika cuaca sedang dingin, lakukan olahraga di dalam ruang atau gunakan masker saat keluar rumah. Hindari olahraga di luar, apalagi jika banyak polusi, seperti misalnya bike to work dan lain sebagainya.

5. Olahraga semampu Anda. Jangan pernah memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat. Ketahui batas kemampuan Anda dan lakukan olahraga secara aman.

Nah, itu dia beberapa tips aman melakukan olahraga saat Anda punya penyakit asma. Tentu saja Anda bisa berolahraga selayaknya orang biasa. Anda hanya perlu mengetahui sedikit tips dan trik untuk mencegah terjadinya asma, karena olahraga tetap diperlukan untuk Anda yang memiliki riwayat asma. (vemale.com/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar