Penderita Diabetes, Atasi Kaki Bengkak dengan 5 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Penderita Diabetes, Atasi Kaki Bengkak dengan 5 Cara Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Diabetes merupakan penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Sehingga ketika seseorang menderita penyakit ini akan juga mengalami beberapa efek samping salah satunya yaitu .

Bagi , kaki bengkak bukan masalah yang sepele. Biasanya hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak sempurna sehingga mengakibatkan akumulasi cairan di sejumlah bagian tubuh seperti tangan atau kaki.

Masalah bengkak di kaki ini juga bisa berujung dengan cedera sehingga perlu diatasi dengan tepat. Hal ini dilansir PortalMadura.Com dari laman merdeka.com yang mengutip dari The Health Site, Berikut beberapa cara mengatasi kaki bengkak yang disebabkan oleh diabetes:

Olahraga

Berolahraga tidak hanya bermanfaat dalam mengurangi berat badan dan meningkatkan gula darah bagi penderita diabetes semata. Olahraga bisa melancarkan peredaran darah sehingga tidak terjadi kondisi bengkak pada kaki. Olahraga setidaknya 30 menit seperti berlari, berenang, atau bersepeda untuk mendapat manfaat ini.

Angkat Kaki

Ketika kaki Anda sudah bengkak, usahakan untuk membuat posisi kaki Anda terangkat. Pada malam hari, letakkan kaki di atas dua bantal yang ditumpuk untuk meningkatkan sirkulasi darah. Selama 10-15 menit setiap hari, posisikan kaki berada di atas jantung.

Baca Juga: 3 Kunci Diet Sehat Bebas Diabetes

Gunakan Sepatu yang Longgar

Karena kondisi kaki Anda yang sudah terlanjur bengkak, gunakan sepatu yang longgar atau dengan ukuran yang lebih besar. Menggunakan sepatu dengan ukuran ketat justru bisa menutup sirkulasi darah dan membuat kondisi kaki memburuk.

Kurangi Konsumsi Sodium

Mengubah pola makan juga penting untuk dilakukan demi menghindari masalah lebih lanjut. Mengurangi konsumsi sodium atau garam bisa menghalau risiko tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu penyebab lain kaki bengkak.

Penuhi Asupan Air

Walau kondisi kaki bengkak disebut terjadi karena cairan yang tidak dapat mengalir di kaki, namun Anda juga perlu untuk tetap menjaga asupan air di tubuh. Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh cenderung untuk menahan lebih banyak air.

Lima cara tersebut bisa Anda lakukan untuk mengatasi terjadinya masalah lebih lanjut. Perubahan gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat dan penting dilakukan terutama ketika Anda memiliki diabetes.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.