Atasi Jerawat dengan 6 Bumbu Dapur Ini

Avatar of PortalMadura.com
Atasi Jerawat dengan 6 Bumbu Dapur Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com menjadi salah satu masalah kulit yang banyak dikeluhkan, terutama wanita. Karena hal ini bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Sehingga hampir sebagian besar penderita jerawat akan melakukan berbagai cara untuk bisa mengatasi masalah ini. Mulai dari menggunakan produk anti jerawat sampai perawatan di salon kecantikan dengan biaya yang tidak murah.

Namun ternyata, ada beberapa yang bisa menjadi obat untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel. Berikut diantaranya, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang mengutip dari berbagai sumber:

Cengkeh

Bumbu dapur satu ini punya sifat antibakteri yang membuatnya jadi pembersih efektif. Caranya, ambil tiga tetes minyak cengkeh dan campur dengan dua sendok teh madu mentah. Pakai campuran itu sebagai masker wajah. Anda juga bisa mencampurkan cengkeh yang sudah ditumbuk dengan sabun wajah.

Jahe

Jahe dapat membantu menjaga kulit bersih karena zat antiseptik yang dimiliki. Selain itu, jahe mampu merangsang kulit Anda agar jadi lebih mulus dan segar. Anda dapat menggosokkan potongan jahe segar di wajah Anda untuk meratakan kulit dan meredakan radang akibat jerawat.

Akar jahe dapat digunakan untuk obat jerawat. Salah satu caranya dengan mengupas sebagian akar dan mengunyahnya. Namun, jika tidak cocok dengan rasanya, Anda dapat menemukannya dalam bentuk lebih menarik seperti teh, kue, bentak, bir, tingtur, rempah-rempah, dan sup.

Paprika

Salah satu bahan untuk bumbu masakan yang dapat dijadikan obat jerawat yaitu paprika. Paprika dapat membantu menghilangkan jerawat pada wajah karena memiliki sifat anti-inflamasi dan anti bakteri.

Menurut Dokter Kulit Arisa Ortiz dari San Diego California, paprika dikenal sebagai vasodilator yang menyebabkan pembuluh darah mengembang dan meningkatkan sirkulasi darah. Paprika kaya antioksidan dan vitamin C yang mampu menyerap radikal bebas, serta memecah kolagen di kulit, sehingga membantu kulit Anda terlihat kenyal halus.

Anda dapat menggunakan paprika sebagai masker wajah. Caranya dengan mencampurkan paprika yang sudah diblender dengan sedikit madu dan susu, lalu oleskan ke kulit. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Kunyit

Menurut National Institutes of Health (NIH) yang melakukan tinjauan komprehensif literatur penelitian, penggunaan kunyit mampu mengatasi kondisi kulit. Ulasan ini menemukan bahwa kunyit bermanfaat untuk mengobati jerawat dan kondisi kulit lainnya.

Selain dikenal sebagai anti-inflamasi dan anti-oksidan, kunyit juga telah mendokumentasikan sifat-sifat anti-mikroba, anti-bakteri, juga anti-neoplastik (anti-kanker). Secara khusus, zat yang terdapat dalam kunyit, yaitu kurkumin, mampu melawan penyebab yang mendasari peradangan kulit.

Jika belum pernah menggunakan kunyit untuk perawatan kulit sebelumnya, Anda harus melakukan uji coba pada kulit tangan terlebih dahulu. Tunggu hingga 48 jam untuk melihat bagaimana respons kulit Anda. Jika semuanya baik-baik saja, Anda dapat melanjutkan penggunaan kunyit untuk mengobati jerawat.

Salah satu cara mengobati jerawat yaitu dengan menjadikan kunyit sebagai masker wajah. Anda dapat mencampur setengah sendok teh bubuk kunyit dengan dua hingga tiga sendok teh yogurt Yunani polos dan madu.

Campur bahan-bahan tersebut, lalu oleskan ke kulit Anda. Anda dapat membiarkan masker ini hingga setengah jam. Kemudian basuh dengan air dingin dan bersihkan sampai kering.

Baca Juga: Pria Madura Disarankan Ikut Program KB

Wijen

Salah satu cara yang paling sering digunakan untuk mengatasi jerawat yaitu dengan menggunakan minyak wijen. Bahan ini mengandung vitamin B, D, dan E yang membuatnya cukup efektif untuk mengurangi bekas luka, serta jenis masalah kulit lain seperti jerawat.

Caranya, cuci muka Anda, lalu ambil dua hingga tiga tetes minyak wijen di telapak tangan dan aplikasikan ke wajah. Biarkan tetesan minyak tetap di kulit maksimal setidaknya setengah jam. Kemudian, cuci muka Anda lagi dan keringkan dengan handuk bersih.

Kayu Manis

Kayu manis dapat diaplikasikan pada kulit atau diminum dalam teh, tetapi harus digunakan dalam jumlah kecil untuk menghindari iritasi dan efek yang tidak diinginkan.

Anda dapat menggunakan kayu manis sebagai masker dengan mencampurkan dua sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis hingga membentuk pasta.

Sebelum diaplikasikan ke wajah, Anda harus melakukan uji tempel tangan terlebih dahulu. Oleskan sedikit campuran tadi ke bagian belakang tangan dan tunggu setidaknya 10 menit untuk memastikan tidak terjadi gatal, kemerahan, dan pembengkakan.

Jika tidak terjadi reaksi iritasi, Anda dapat mengaplikasikannya ke wajah. Setelah itu bilas dengan air hangat setelah dibiarkan semalam atau bilas 30 menit setelah aplikasi. Anda juga harus menghindari penggunaan air hangat berlebihan karena dapat membuat kulit kering.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.