oleh

Pendidikan Karakter Siswa Melalui Media Kliping Materi Teks Berita

Oleh : Mira Noor Cahyaningrum*

Pendidikan karakter tidak dijalankan sebagai mata pelajaran sendiri, melainkan ada di dalam semua mata pelajaran yang ada di sekolah. Kemendiknas menjelaskan bahwa prinsip pengembangan budaya dan karakter bangsa tidak dimasukkan dalam sebuah mata pelajaran pengembangan diri dan sebuah budaya sekolah.

Sebagai seorang guru harus menilai pendidikan karakter ke dalam sebuah program pembelajaran selain itu juga dalam pelaksanaannya pembelajaran yang di lakukan di kelas pada semua mata pelajaran yang ada di sekolah. Peserta didik didorong harus mampu melakukan evaluasi diri guna mengenali jati diri budaya bangsa, sehingga dapat bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai luhur yang ada.

Dalam sebuah pendidikan berkarakter tidak hanya sekedar mengejar mana yang dianggap benar mana yang dianggap salah, melainkan sebuah upaya menanamkan kebiasaan yang baik, sehingga peserta didik mampu bersikap dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang ada dan yang telah menjadi kepribadian diri masing-masing peserta didik. Sebuah pendidikan karakter mencakup pengetahuan yang baik, sikap yang baik, dan sebuah perilaku yang baik.

Berbagai pengetahuan yang diterima peserta didik dari berbagai sumber hendaknya mampu disaring agar mendapatkan pengetahuan yang lebih baik supaya bisa diamalkan. Suatu sikap dan perilaku yang disaksikan atau dilihat oleh peserta didik secara langsung maupun yang tidak langsung misalnya diperoleh diberbagai media dan surat kabar hendaknya bisa disaring untuk memilih sikap dan perilaku sesuai dengan nilai leluhur.

Media pembelajaran suatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirimnya ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perhatian, serta minat peserta didik sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran dapat terjadi, dan segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi.

Media …

.
.
Tirto.ID
Loading...

Komentar