oleh

Efek Samping Daun Sirsak untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Daun sirsak merupakan salah satu tanaman yang punya nama latin Annona muricata L. Di tempat lain, daun sirsak ini juga dikenal dengan nama graviola. Saat ini, banyak orang yang telah memanfaatkan daun sirsak sebagai bahan alami untuk obat.

Bahkan, daun sirsak banyak diburu orang karena bisa mengobati penyakit kanker. Biasanya, pengolahan daun sirsak yang dimanfaatkan sebagai obat diolah dalam bentuk “teh”. Ada juga daun sirsak yang diolah menjadi ekstrak di dalam kapsul. Obat daun sirsak yang dalam bentuk kapsul biasanya bisa didapat dengan cara membeli di toko, melansir dari Doktersehat.com, Minggu (29/12/2019).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Untuk pembuatan “teh” daun sirsak, merupakan cara mengonsumsi obat daun sirsak yang lebih tradisional. Anda mungkin mengira teh daun sirsak sama dengan air teh pada umumnya. Namun, teh daun sirsak di sini tidak menggunakan teh sama sekali. Penggunaan kata “teh” lebih mengarah pada cara pembuatan yang mirip teh.

Cara membuat teh daun sirsak adalah dengan merebus tujuh lembar daun sirsak dengan tiga gelas air bersih selama tiga puluh menit. Setelah itu, saringlah air rebusan daun sirsak. Anda bisa menambahkan madu agar rasa teh daun sirsak lebih enak. Sebaiknya, Anda juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum teh daun sirsak.

Baca Juga: Ini Ragam Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Di samping manfaatnya, perlu juga diketahui tentang beberapa efek samping daun sirsak bagi tubuh apabila digunakan secara berlebihan. Apa saja?.

Berikut ini sebelas efek samping daun sirsak bagi tubuh:

Mual dan Muntah

Apabila Anda mengonsumsi daun sirsak khususnya dalam bentuk air rebusan dalam jumlah yang sangat banyak, maka ramuan ini bisa menyebabkan Anda langsung merasa mual. Rasa mual yang dialami ini pun seringkali memicu Anda untuk memuntahkan isi perut Anda. Hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada saluran cerna Anda.

Bisa Membentuk Kristal di Ginjal

Efek samping daun sirsak bisa menyebabkan air seni menjadi jenuh. Air seni yang jenuh lambat laun akan membentuk kristal di ginjal. Hal ini pun akan memicu terjadinya kondisi batu ginjal yang seringkali mengakibatkan disuria atau sulit buang air kecil.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mengonsumsi teh daun sirsak yang dipadukan dengan tanaman herbal lainnya yang bersifat diuretik. Tanaman herbal yang bersifat diuretik mampu meluruhkan air seni sehingga tidak jenuh. Beberapa tanaman herbal tersebut seperti jinten, adas, dan daun sembung.

Bisa Menyebabkan Diare

Daun sirsak baik yang diminum dalam bentuk air rebusan bisa menyebabkan diare jika dikonsumsi secara berlebihan. Air rebusan daun sirsak tersebut bisa membuat tinja Anda menjadi cair. Efek samping daun sirsak yang satu ini tidak boleh diremehkan.

Pasalnya, tubuh Anda bisa menjadi lemah karena akan kekurangan cairan. Apabila Anda mengalami efek ini, maka minumlah air putih lebih banyak. Atau Anda masih merasa lemas, maka segeralah pergi ke rumah sakit atau klinik terdekat agar dehidrasi bisa cepat diatasi.

Mengalami Masalah pada Rahim

Pengonsumsian daun sirsak yang berlebihan bisa menimbulkan masalah pada rahim. Daun sirsak dalam jumlah berlebih akan membuat dinding rahim berkontraksi. Hal ini bisa berakibat fatal pada wanita yang sedang hamil dan merencanakan kehamilan karena meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur.

Meningkatkan Jumlah Keringat

Efek samping daun sirsak bisa meningkatkan produksi keringat. Jumlah keringat akan menjadi berlebih apabila Anda mengonsumsi daun sirsak secara berlebih. Daun sirsak akan meningkatkan suhu tubuh karena merangsang pembakaran di dalam tubuh.

Suhu tubuh yang meningkat akan membuat tubuh Anda merasa panas dan akhirnya banyak mengeluarkan keringat tanpa Anda sadari. Sebaiknya, Anda menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal agar tidak semakin menambah jumlah keringat.

Selain itu, gunakanlah kipas angin atau pendingin ruangan (AC) agar keringat bisa cepat mengering. Jika keringat masih saja deras selama beberapa hari, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Menimbulkan Masalah Jantung

Daun sirsak bisa memiliki efek samping yang serius, yaitu bisa menimbulkan masalah pada jantung. Pengonsumsian daun sirsak yang berlebih bisa memengaruhi sistem kardiovaskular Anda sehingga bisa mengakibatkan masalah atau gangguan jantung. Oleh karena itu, penderita jantung sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak.

Menyebabkan Masalah Neurologis dan Gerakan

Efek samping daun sirsak bisa menyebabkan gangguan neurologis. Gangguan neurologis ini juga bisa berkembang pada gangguan gerakan. Selain neurologis, daun sirsak yang sering disajikan dalam bentuk teh bisa menimbulkan gangguan neurotoksisitas. Hal ini termasuk efek samping daun sirsak yang cukup serius.

Menyebabkan Infeksi di dalam Tubuh

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar