oleh

Penerima Banpres UMKM di Pamekasan Tak Terdata

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Koperasi (Diskop) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, belum mengetahui jumlah pasti penerima Bantuan Presiden (Banpres) terhadap pelaku UMKM akibat pandemi covid-19.

Kepala Diskop UMKM Pamekasan, Abdul Fata mengungkapkan, pihaknya belum bisa memastikan jumlah real penerima banpres itu lantaran penerima mengajukan secara mandiri. Namun, pengajuan bantuan tersebut mencapai 82 ribu dari 78 ribu kuota yang diberikan Kementerian Koperasi (Kemenkop) RI.

Selamat Ibadah Puasa

“Perkembangannya belum bisa terlihat, ketika kami hubungi teman-teman di kementerian ternyata alurnya rumit. Saya bingung,” katanya, Jumat (27/11/2020).

Dikatakan, pihaknya sedang berupaya untuk mencari data pasti jumlah penerima bantuan tersebut. Salah satunya dengan cara melakukan komunikasi dengan Kemenkop RI.

“Mungkin daerah-daerah di Indonesia juga merasa kebingungan untuk mengetahui jumlah penerimanya. Dari jumlah yang mengajukan itu belum diketahui berapa yang lolos dan yang tidak,” tandasnya.

Menurutnya, tahapan untuk mendapatkan bantuan itu cukup panjang, pertama melakukan cleaning guna memastikan tidak terjadinya doubel nomor induk kependudukan (NIK), kemudian diusulkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai syarat mendapatkan program sistem pelayanan informasi keuangan.

Hal itu untuk mengetahui apakah penerima memiliki tanggungan kepada bank atau tidak. Setelah itu diajukan kepada Kementerian Keuangan guna mendapatkan program Sistem Informasi Penerima Klip Program (SIKP).

“Kemudian yang terakhir dikembalikan kepada Kemenkop untuk diberikan Surat Keputusan (SK) penerima,” pungkasnya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Lisa Mana L

Komentar