Pengadaan Sarana & Prasarana Pilkades Serentak di Sumenep Telan Anggaran Rp8 Miliar

Penulis: TaufikurrahmanEditor: Fianolita Purnaningtias
Pengadaan Sarana & Prasarana Pilkades Serentak di Sumenep Telan Anggaran Rp8 Miliar
Moh. Ramli

PortalMadura.Com, Sumenep – Pengadaan sarana dan prasarana pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menelan anggaran hingga Rp8 miliar.

Sarana dan prasarana Pilkades Serentak 2021 itu, di antaranya kelengkapan protokol kesehatan (prokes), tempat pemungutan suara (TPS), logistik dan kebutuhan lainnya.

“Nominal itu untuk keseluruhan desa di Sumenep yang akan menggelar Pilkades Serentak tahun ini,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli, Selasa (16/11/2021).

Anggaran akumulatif yang mencapai Rp8 miliar itu sudah tersalurkan ke masing-masing desa. Nantinya, kata dia, pengadaan segala kebutuhan diserahkan pada panitia pilkades di masing-masing desa.

Yang perlu diperhatikan, kata dia, kelengkapan protokol kesehatan (prokes). “Tempat cuci tangan, masker, hand sanitizer. Termasuk pemilih juga diwajibkan menggunakan masker saat datang ke TPS. Karena situasi masih pandemi Covid-19,” jelasnya.

Lokasi TPS juga dibentuk per dusun guna menghindari kerumunan masa. Masing-masing TPS maksimal 500 daftar pemilih tetap (DPT).

“Jika per dusun melebihi dari 500 DPT maka panitia desa wajib membentuk TPS baru,” katanya.

Pihaknya mengharapkan pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 dapat berjalan dengan baik, aman dan kondusif. “Tentukan pilihan sesuai hati nurani, jangan sampai ada intimidasi pada pemilih ataupun lainya,” harapnya.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Sumenep 2021 dijadwalkan pada Kamis Kliwon, 25 November 2021 di 84 desa daratan maupun kepulauan.

Pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Sumenep Nomor 188/437/KEP/435.013/2021 tentang Hari “H” Pemungutan Suara Pilkades Serentak 2021. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.