Pengendara Sepeda Motor, Ini 3 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Hujan

Avatar of PortalMadura.Com
Pengendara Sepeda Motor, Ini 3 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Hujan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat musim para pengguna jalan khususnya pengendara harus ekstra hati-hati dan meningkatkan konsentrasi mengendara. Karena selain jalan yang licin, saat hujan jarak pandang juga berkurang.

Maka dari itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, pengendara sepeda motor harus mengikuti tiga tips berikut:

Helm SNI
Helm SNI (Standar Nasional Indonesia) merupakan piranti wajib saat mengendarai motor, baik saat cuaca normal maupun hujan.

Disarankan menggunakan helm yang saat kondisi hujan adalah helm full face, agar sewaktu berkendara wajah dan mata tidak terganggu oleh guyuran air yang dapat menyebabkan terganggunya penglihatan dan konsentrasi.

Jas Hujan
Perlengkapan jas hujan tentunya sangat diperlukan agar pakaian tidak basah dan mengganggu suhu tubuh pengendara. Jas hujan yang digunakan berbentuk jaket dan celana. Tidak berbentuk ponco atau jubah, karena berisiko tersangkut rantai atau roda.

Sebaiknya gunakan jas hujan berwarna cerah agar mudah terlihat pengendara lain. Jangan sesekali menggunakan payung sewaktu berkendara sepeda motor.

Sepatu
Banyak pengendara yang menggunakan sandal ketika hujan karena takut sepatu yang digunakan basah. Padahal, sebaiknya pengendara tidak menggunakan sandal karena berbahaya jika terjatuh atau terkena pantulan kerikil.

Gunakanlah sepatu tahan air atau paling tidak menggunakan kover sepatu. Jika terpaksa menggunakan sepatu biasa, jangan menapakkan kaki Anda di atas mesin, khususnya jika Anda menggunakan motor cub.

Jika demikian, titik keseimbangan motor dan pengendara dapat berubah, tentu saja dapat mempengaruhi pengendalian sepeda motor. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.