Pengendara yang Baik, Kedipkan Hazard sebagai Ucapan Terima Kasih di Jalan

mengedipkan lampu hazard
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda diberikan ruang oleh pengendara lain atau sikap baik lainnya saat di jalan?. Jika iya, sejatinya pasti Anda ingin berterima kasih kepadanya sebagai pengendara yang bijak.

Bagi yang naik sepeda motor mungkin bisa mengacungkan jempol sebagai bentuk ucapan terima kasih. Tapi bagaimana jika dalam mobil?.

Anda bisa menyalakan lampu hazard dua kali kedipan. Itu sudah diterapkan di beberapa negara, salah satunya di Jepang yang terkenal dengan budaya sopan.

Instruktur safety driving di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto mengatakan, pada dasarnya mengucapkan terima kasih kepada pengguna jalan lain adalah hal yang baik. Andry juga menilai budaya mengucapkan terima kasih dengan mengedipkan lampu hazard dua kali merupakan tindakan yang baik.

“Tapi yang patut diketahui juga oleh kita di Indonesia bahwa lampu hazard hanya dinyalakan pada saat darurat (kendaraan full stop) dan bukan saat kendaraan bergerak,” kata Andry.

Meski begitu, sebagai inisiatif komunikasi berterima kasih, Andry mengatakan bisa saja menyalakan lampu hazard untuk berterima kasih. Asalkan, jangan lebih dari dua kali.

“Cara itu baik, asal lampu hazard cukup dikedipkan dua kali saja untuk kendaraan di belakang. Tapi butuh banyak waktu dan pemakaian yang bijak karena pengguna jalan di sini tidak punya sejarah budaya yang baik soal safety,” sebut Andry. (detik.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.