Penjabat Kepala Desa Bisa Diganti

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: RafiEditor: Desy Wulandari
Penjabat Kepala Desa Bisa Diganti
Yuliadi Setiawan
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sampang – Sebanyak 111 penjabat (Pj) kepala desa (kades) yang menyebar di 14 kecamatan se- Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, dilakukan evaluasi kinerja pada perkembangan pelayanan terhadap masyarakat.

Para penjabat kepala desa itu dari unsur aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Sampang. Evalauasi kinerja Pj kades, melibatkan tim teknis kabupaten.

“Enam bulan dari pengangkatan Pj kepala desa, semua harus dievaluasi dan kami telah cek item yang bahan evaluasi serta apa saja mekanismenya” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Sampang, Yuliadi Setiawan, Selasa (14/6/2022).

Evaluasi yang dilakukan tim teknis dari kabupaten, bukan serta merta masuk dalam sebuah catatan untuk diganti atau sebaliknya. Namun, tetap menilai kinerja terhadap kemampuan Pj kepala desa dalam meningkatkan pelayanan masyarakat semakin baik.

“Pj memimpin desa harus sesuai dengan ketentuan, yakni melayani masyarakat dengan baik, menyelenggarakan pemerintahan dan administrasi yang baik,” katanya.

Pihaknya mengakui, jika ada salah satu Pj yang tidak mampu memimpin desa untuk menciptakan kondusifitas desa dan kesejahteraan masyarakat, maka perlu dilakukan penggantian.

“Evaluasi kinerja Pj kepala desa masih proses penilaian. Jika pelayanan terhadap masyarakat dan desa kondusif, serta penataan admistrasi dinilai bagus, tentu tidak perlu diganti,” jelasnya.

Wawan (sapaan akrap) menyebutkan, tim teknis yang melakukan evaluasi, yakni sekda, asisten, teknis evaluasi tersebut melibatkan tim Kabupaten Sampang di antaranya, dirinya, asisten dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki pegawai menjadi Pj kepala desa.

“Banyak laporan yang masuk terkait Pj kepada kami. Setelah dicek, sifatnya hanya pengaduan,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.