Penting! Ini 9 Cara Cegah Iritasi Kulit Usai Waxing dan Dicukur

Avatar of PortalMadura.com
Penting! Ini 9 Cara Cegah Iritasi Kulit Usai Waxing dan Dicukur
Ilustrasi (jatinangorku.com)

PortalMadura.Com – Mencukur rambut secara rutin di bagian tubuh tertentu memang perlu dilakukan agar kulit tetap bersih dan mulus. Namun di sisi lain yang perlu Anda ketahui yaitu, jika terlalu sering membersihkannya justru bisa menimbulkan ruam dan . Benarkah itu?.

Tunggu dulu, Anda tidak perlu khawatir dan pesimis. Sebab, Anda masih bisa merawatnya dengan baik. Nah, agar kulit Anda tetap sehat bebas iritasi, sebaiknya pahami dengan cermat apa saja yang perlu Anda lakukan setelah dan mencukur bulu.

Berikut perawatan kulit setelah waxing dan mencukur:

Hindari Mandi Air Panas
Mandi air panas memang dikenal punya segudang manfaat baik bagi tubuh. Selain bisa mengurangi stres, suhu air yang panas juga akan membantu melancarkan peredaran darah, melemaskan otot-otot tubuh yang kaku, hingga membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Meski begitu, hindari penggunaan air panas dulu sampai 1-3 hari setelah waxing dan sehari setelah mencukur. Ini karena mandi air panas, terlebih dengan suhu terlalu tinggi dan dalam waktu lama, bisa menghilangkan kandungan minyak yang seharusnya melembapkan kulit.

Alhasil, kulit berisiko jadi kering, pecah-pecah, hingga mengalami iritasi. Semua kondisi ini tentu akan membahayakan kulit yang baru saja di-wax atau cukur.

Gunakan Kompres Dingin
Dibandingkan harus menggunakan air panas yang justru akan memperparah kondisi kulit setelah waxing dan mencukur, ada baiknya untuk memilih kompres dingin yang lebih mampu menenangkan kulit.

Begitu pula saat mandi, gunakan air dengan suhu sedang atau dingin guna mengurangi risiko terjadinya iritasi akibat melakukan proses penghilangan bulu di tubuh. Terlebih bila kulit Anda tergolong sensitif.

Hindari Melakukan Aktivitas yang Membuat Anda Berkeringat Banyak
Anda tidak dianjurkan untuk melakukan terlalu banyak kegiatan, terutama yang melibatkan fisik, tepat usai melakukan cukur dan waxing sampai kurang lebih 24 jam setelahnya. Hal ini bukan tanpa alasan, karena aktivitas yang berlebihan bisa memicu peningkatan produksi keringat.

Padahal, kulit yang baru saja di-wax atau cukur masih sangat sensitif. Maka bukan tidak mungkin, kalau area kulit yang baru saja dihilangkan bulunya akan mengalami iritasi akibat jumlah keringat yang berlebih.

Oleskan Pelembap pada Kulit
Sudah beres melakukan waxing atau cukur, bukan berarti tugas Anda selesai sampai di situ saja. Anda masih dituntut untuk merawat kulit dengan tepat, agar tidak mengalami iritasi setelah kehilangan bulu yang seharusnya melindungi permukaan kulit. Sebelum kulit benar-benar memerah dan ruam, sebaiknya berikan pelembap sesegera mungkin di area kulit yang baru saja dicukur.

Baca Juga: Ladies, Ini 6 Hal Tentang Waxing yang Perlu Anda Ketahui

Ibarat tubuh yang kepanasan setelah berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama, biasanya akan segar kembali setelah minum atau mandi air dingin, bukan?. Demikian juga dengan kulit, yang bisa kembali “bernapas lega” saat diberikan pelembap setelah waxing atau mencukur.

Pakai Minyak Esensial
Penggunaan minyak esensial yang diproses dari ekstrak bagian-bagian tumbuhan dapat membantu menenangkan kulit usai melakukan penghilangan bulu. Tidak hanya itu, tekstur kulit pun akan jadi lebih lembap sehingga dapat mengurangi sensasi gatal dan kemerahan yang mungkin terjadi setelah waxing.

Beberapa jenis minyak esensial yang bisa jadi pilihan meliputi minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, minyak alpukat, dan lain sebagainya. Supaya lebih aman, sebaiknya campurkan 1-2 tetes minyak esensial dengan 3-4 tetes minyak pembawa (pelarut). Tujuannya untuk mengurangi kemungkinan efek samping yang ditimbulkan dari minyak esensial.

Gunakan Lidah Buaya
Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Dermatology, menyebutkan bahwa kandungan enzim dalam tanaman lidah buaya mampu menenangkan kulit sekaligus menurunkan risiko munculnya peradangan. Itu sebabnya, lidah buaya bisa jadi satu dari beberapa pilihan yang tepat untuk mencegah terjadinya ruam dan iritasi setelah waxing dan mencukur.

Caranya pun tidak sulit. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang diperoleh secara langsung dari tanamannya, atau pakai produk lidah buaya yang sudah banyak dijual di pasaran. Selanjutnya, oleskan langsung ke area kulit tertentu sembari dipijat perlahan.

Gunakan Produk dengan Kandungan Centella Asiatica
Centella Asiatica, atau dikenal sebagai Gotu Kola, adalah tanaman herbal yang sudah terkenal sejak lama sebagai pengobatan alami. Ini berkat kandungan senyawa aktif di dalamnya, seperti triterpen pentasiklik, asiaticoside, madecassoside, serta asiatic acid.

Itulah mengapa Centella Asiatica dipercaya ampuh untuk mencegah maupun mengobati luka pada kulit, mulai dari yang ringan sampai berat sekali pun. Tidak perlu repot mencari tanaman herbal ini, karena sekarang sudah ada produk kulit yang dilengkapi dengan kandungan Centella Asiatica di dalamnya untuk mengoptimalkan regenerasi serta pemulihan kulit yang rusak.

Hindari Produk Kulit yang Mengandung Pewangi
Perhatikan dengan baik apa saja komposisi bahan yang terkandung dalam produk perawatan kulit yang akan Anda gunakan. Alih-alih meredakan kulit yang sensitif usai waxing dan mencukur, penggunakan produk kulit yang salah justru bisa membuat kulit mengalami iritasi berkepanjangan.

Baca Juga: Ladies, Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Menenangkan Kulit Setelah Waxing

Meski baunya segar, tapi sebaiknya hindari produk kulit yang diberi tambahan pewangi karena bisa memicu iritasi pada bagian kulit yang baru dicukur atau di-wax.

Pilih Pakaian yang Longgar
Cara ini akan membantu kulit supaya dapat menghirup udara bebas setelah melalui proses penghilangan bulu. Sebaliknya, jangan tutupi area kulit tersebut karena malah akan menimbulkan dampak buruk.

Kulit yang telah mulus usai bercukur dapat bersentuhan langsung dengan kain pakaian. Terutama kalau pakaian yang Anda gunakan terlalu ketat, maka otomatis gesekan yang terjadi pun akan semakin intens. Akibatnya, kulit jadi lebih mudah gatal, meradang, bahkan mengalami iritasi.

Baju dan celana longgar merupakan pilihan terbaik untuk menghindari terjadinya gesekan yang berlebihan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gesekan yang terlalu kuat menimbulkan iritasi dan ruam pada kulit. Apalagi karena area kulit setelah waxing dan mencukur sedang sangat sensitif.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.