Pentingnya Etika Ketika Batuk atau Bersin

batuk
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Semenjak duduk di bangku sekolah dasar sampai bangku perkuliahan, kita sudah diajari tentang etika atau sopan santun. Semisal etika bertamu atau makan bersama dalam satu tempat atau etika lain.

Nah, pernahkah kita diajari etika yang berkaitan dengan dunia medis? Semisal saat batuk atau bersin? Etika ini sangat penting, karena selain berkaitan dengan kesopanan ini juga berkaitan dengan persebaran infeksi.

Batuk atau bersin adalah refleks tubuh untuk menolak benda asing masuk ke dalam saluran napas. Dalam hal ini, batuk atau bersin bisa jadi tanda bahwa tubuh sedang mengeluarkan sekret yang tersumbat.

“Disinilah masalahnya, sekret tidak bisa keluar dengan pelan melainkan dengan semburan berkecepatan tinggi. Jadi, jika kita tidak mau terkena cipratan kuman dari orang lain, maka jangan biarkan orang lain terkena cipratan bersin atau batuk Anda juga” kata Annisa dari komite Mutu dan Keselamatan pasien RSI Sultan Agung dalam sebuah edukasi kesehatan belum lama ini.

Mengenai penyakit yang bisa tersebar dari batuk atau bersin, lanjut Anisa adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan, sebut saja influenza, pneumonia, batuk rejan hingga SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome).

Lantas bagaimana etika ketika kita batuk? “Jika tenggorokan atau hidung terasa gatal, cepat palingkan kepala atau kenakan tissue yang kita bawa dan seketika langsung dibuang ke tempat sampah. Bagaimana kalau kita pas tidak membawa tissue ? Bisa ditutupi dengan bagian dalam siku atau lengan baju bagian atas.” lanjutnya.

Etika batuk lain, sebagaimana disampaikan Annisa, jika sedang terkena penyakit menular, sebaiknya jangan bepergian dulu. Atau kalau terpaksa, pakailah masker dan gantilah setiap 8 jam.

Barangkali ada pertanyaan, mengapa tidak memakai tangan? “Karena ketika batuk atau bersin, kuman akan menumpuk di tangan. Begitu lupa cuci tangan, kuman malah akan lebih cepat menyebar di benda-benda yang kita sentuh. Misalnya di pegangan, mainan atau tangan orang lain saat bersalaman.” ujarnya.

Bila terpaksa memakai tangan, Annisa menganjurkan untuk segera mencuci tangan dengan air bersih.(rls/hartono)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.