oleh

Pentingnya Memperkenalkan Budaya Pada Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa

PortalMadura.Com – Mengenalkan budaya bangsa kepada anak akan menumbuhkan kesadaran anak akan pentingnya mencintai budaya bangsa.

Dilansir dari laman Kompasiana.Com, Senin (13/7/2020) pentingnya memperkenalkan budaya pada anak sejak dini.

Anda sebagai orang tua harus bisa memperkenalkan budaya sejak dini. Jika anak tidak dikenalkan budaya bangsanya sendiri akan sulit membuat diri anak untuk mencintai bangsa dan negaranya. Jika anak mencintai atau hanya sekedar tahu saja keindahan beragam budaya yang ada di Indonesia ini, namun dari keluarga sendiri saja tidak tahu, maka hal tersebut akan sulit.

Keluarga berperan sangat penting dalam pengenalan budaya bangsa ini. Indonesia ini memiliki berbagai macam pulau, yang di dalamnya tentu memilki seni budaya yang beragam. Berbicara budaya atau kebudayaan tentu tidak akan jauh dari yang namanya masyarakat. Kebudayaan sendiri merupakan sesuatu yang turun-temurun dari generasi ke generasi yang lain.

Perlu Anda ketahui bahwa berbahasa kepada orang tua, kepada teman sebaya, kepada yang lebih muda itu memiliki tingkatan tersendiri. Pengenalan budaya pada bangsa itu sendiri sebenarnya dapat di kenalkan pada anak lewat nilai terkecil yang ada dalam keluarga, misalnya saja mengenai sopan santun, mengenai etika mengucapkan “terimakasih” jika sudah menerima bantuan dari orang lain, mengucapkan “maaf” jika sudah melakukan kesalahan.

Apabila budaya dasar yang sudah di terapkan dalam keluarga tersebut sudah melekat pada diri anak, tentunya hal ini akan mempermudah orang tua dalam mengenalkan beragam seni budaya Indonesia lainnya. Mengenalkan budaya pada anak usia dini, Dapat dilakukan melalui memperlihatkan gambar gambar kesenian, mengajak praktek langsung anak pada permaian tradisional, atau bisa lagi dengan mengajak anak berkunjung di museum, mengajak anak berkunjung melihat candi-candi dan masih banyak lagi.

Selain itu Mengenalkan budaya yang ada di Indonesia dapat dilakukan orang tua seperti, menyuruh anak mengikuti ekstrakulikuler tari daerah, atau seni budaya yang lainnya. Jika sejak dini, anak sudah mampu mempraktekan salah satu seni budaya yang ia ketahui, seperti dapat menari tari daerahnya, dapat bermain seni dari macam-macam daerahnya , dari situlah hal tersebut dapat menumbuhkan rasa cintanya pada bangsanya sendiri.

Selain menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan negaranya melalui beragam seni budaya tersebut, Anda dapat memberi pengertian dan dukungan pada anak mengenai seni apa yang ingin dikembangkan, seni budaya mana yang ingin anak perdalam, setelah memberikan pengertian dan dukungan pada anak, Anda dapat memberikan sebuah kesempatan pada anak untuk memilih atau memutuskan sendiri seni budaya yang ia ingin perdalam, hal ini juga akan melahirkan sikap tanggung jawap pada anak untuk menjaga budaya yang terdapat di negara itu sendiri.

Mengenalkan budaya kepada anak sejak dini akan mengajarkan anak kita bersentuhan langsung pada budaya. Sehingga akan menjadi generasi yang bangga dengan budaya bangsa sendiri, mencintai, dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya serta bisa mengembangkan sikap menghargai keberagaman budaya bangsa.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : kompasiana.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.