Pentingnya Merenungi Nilai Kepahlawanan

Penulis: Ahmat JaniEditor: Hartono
Pentingnya Merenungi Nilai Kepahlawanan
Forkopimda Sumenep usai melaksanakan upacara Hari Pahlawan Nasional, Kamis (10/11/2022). (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi mangatakan, sebagai bangsa Indonesia harus bangga terhadap nilai-nilai kepahlawanan yang telah ditunjukkan para pendahulu.

“Jadi pada ini kita meresapi kembali, merenungi nilai-nilai kepahlawanan yang telah ditunjukkan para pendahulu kita,” katanya usai mengikuti upacara Hari Pahlawan Nasional, di Taman Makam Pahlawan Sumenep, Kamis (10/11/2022).

Menurut Donny, Indonesia merupakan salah satu negara yang kemerdekaannya tidak diberikan begitu saja, tetapi diperjuangkan.

“Artinya, kita sebagai bangsa harus bangga. Hanya ada beberapa negara yang memperjuangkan kemerdekaannya, salah satunya Indonesia dan Vietnam kemerdekaan itu di perjuangkan,” katanya.

Dalam peristiwa 10 November, kata Donny, harus ingat sejarah bahwa saat itu arek-arek Suroboyo begitu heroik dengan pantang menyerah. Berbekal semangat dengan kalimat takbir, mereka berani menaklukan tentara sekutu yang saat itu dipersenjatai lengkap.

“Saat ini, kita tidak bisa bayangkan bagaimana pesawat, bagaimana tank, bagaimana senapan, mesin berat dilawan dengan yang terkenal saat ini bambu runcing, itu sesuatu yang tidak masuk akal,” ujarnya.

Tapi itulah, kata dia, bagaimana sebuah perjuangan, bagaimana dengan tekad yang kuat dengan pantang menyerah dengan keyakinan bisa memperjuangkan kebenaran dan cita-cita bersama.

“Artinya, bahwa kita juga punya cita-cita bagaimana memajukan masyarakat, bagaimana membangun negera ini dengan nilai-nilai itu. Yang akan kita implementasi di masa sekarang,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.