Pentingnya Rawat Setang Motor yang Jarang Orang Ketahui

  • Bagikan
Stang Motor
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pengendara mana coba yang tidak ingin kendaraannya berjalan dengan normal. Karena, saat kendaraan susah dikendalikan, pasti rasanya sangat menjengkelkan.

Salah satu penyebabnya lantaran kemudi terasa berat atau tertarik ke salah satu arah. Menurut Technic Analyst Service Astra Motor Jakarta Dewi Sartika, Rangga Noviar mengatakan, setang motor dapat bergerak dengan halus karena adanya steel ball yang menjadi tumpuannya.

Seiring lamanya waktu pemakaian, sistem pelumasan steel ball juga bisa berkurang kualitasnya, sehingga mengurangi kenyamanan berkendara.

“Atau bahkan, karena seringnya melintasi jalanan tidak rata atau berlubang, bisa menyebabkan steel ball dan dudukannya aus. Dengan kondisi seperti itu, perlu dilakukan penggantian,” kata Rangga.

Menurutnya, tidak ada waktu pemeriksaan khusus terkait pelumasan pada setang motor. Akan tetapi, setiap perawatan rutin, hal itu menjadi salah satu bagian yang harus dicek oleh bengkel resmi.

“Nanti, mekanik akan menginformasikan apakah masih oke atau perlu dilakukan pemeriksaan,” ujarnya.

Terpisah, mekanik bengkel Cilangkap Mas Motor, Ramdani mengatakan, selain dirasakan motor tak stabil saat ditunggangi, kerusakan pada setang motor juga bisa dideteksi dengan mudah. Yakni memasang standar tengah, lalu digerakkan dengan cara diputar.

“Caranya, standar duanya dipasang. Terus, setangnya diputar-putar. Kelihatan tuh rusaknya,” ujarnya. (viva.co.id/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.