oleh

Penyakit ISPA Masih Membayangi Warga Sampang

SAMPANG (PortalMadura) – Berdasarkan data sementara yang dimiliki Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang, angka penderita ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) yang disebabkan oleh virus masih mencapai 15 ribu orang. Data itu terhitung dari bulan Januari sampai Mei 2013.

Bila dibandingkan tahun 2012 lalu, yang terhitung dari Januari sampai bulan Mei mencapai kisaran 17 ribu penderita. “Alhamdulillah ada penurunan jika dibandingkan tahun lalu. Pada bulan yang sama, mencapai 17 ribu lebih, untuk tahun ini mulai berkurang yakni sekitar 15 ribu penderita,” kata Hanian Maria Farouq, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinkes Sampang, Rabu (16/10/2013).

Dia berharap, warg tidak menganggap remeh dengan penyakit ISPA, karena apa bila tidak langsung mendapat pertolongan, penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian.

Seluruh Puskesmas, kata dia, juga harus selalu siaga dalam penanganan penyakit ISPA tersebut, sehingga mampu terus ditekan angka penderitanya. “Jika tidak cepat dilakukan penanganan, akan menyebabkan kematian pada penderita,” tegasnya.(lora/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.