Kenali Berbagai Penyebab Bayi Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Berbagai Penyebab Bayi Susah Tidur dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi (popmama.com)

PortalMadura.Com – Masalah umum yang dialami Ibu setelah melahirkan adalah bayi yang susah untuk tidur, terutama di malam hari. Bagi ibu baru tentu hal ini membuat stres karena harus terjaga setiap malam. Selain stres, tentu rasa lelah, kurang tidur, dirasakan oleh ibu.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab yang bisa membuat bayi sulit untuk tidur di malam hari.

Penyebab

Jangan terlalu cemas dulu, dilansir dari laman Fimela.Com, Rabu (16/9/2020) berikut ini beberapa di malam hari serta cara mengatasinya.

Belum Memiliki

Bayi belum menemukan jam biologis tubuh untuk mengatur kapan ia harus tidur. Hal ini menyebabkan bayi dapat tidur nyenyak di siang hari, namun terjaga di malam hari.

Dalam mengatasi hal ini, Anda dapat melatih bayi untuk tidur dan bangun pada jam yang teratur. Hal ini dapat membantu bayi memiliki jam biologis tubuh dengan lebih cepat sehingga mereka tidak lagi susah untuk tidur.

Saat malam hari, bisa mematikan lampu tidur sambil memberi lagu-lagu yang membuatnya tenang. Saat siang hari biarkan cahaya masuk ke dalam kamar agar anak tau jika itu siang hari.

Bayi lapar

Rasa lapar penyebab paling umum mengapa bayi terjaga saat malam hari. Bayi akan rewel semalaman. Jadi sebaiknya sebelum tidur, berikan si kecil ASI yang cukup agar ia tidak merasa lapar saat hendak tidur.

Tidak dalam Kondisi Baik

Bayi yang tidak tidur semalam bisa menjadi sinyal jika dirinya sedang tidak enak badan. Bayi belum bisa berbicara apa yang dirasakan, maka dia akan memberitahu dengan menangis dan berakhir sulit tidur. Bayi merasa tidak enak badan biasanya karena tumbuh gigi, pilek, alergi, kaki pegal, perut bergas, dan sembelit.

Bayi Lelah

Bukan hanya orang tua yang merasakan kelelahan, bayi pun dapat merasakan kondisi ini. Hal ini disebabkan oleh saraf simpatik bayi yang meningkat sehingga membuatnya tetap terjaga. Sebaiknya, ketika 2-3 jam menjelang tidur, ciptakan kondisi yang tenang agar bayi bisa terangsang untuk mengantuk.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.