oleh

Hindari Penyebab Munculnya Flek Hitam yang Harus Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap daripada area di sekelilingnya. Selain sering muncul di wajah, flek hitam juga bisa terjadi di kulit lengan, dada, atau leher.

Flek hitam merupakan kondisi yang wajar dan bisa terjadi di kalangan semua usia, umumnya pada musim panas dan pada orang yang berkulit putih. Kondisi ini terjadi akibat peningkatan produksi pigmen alami kulit (melanin).

Dilansir dari Popbela.Com, Kamis (17/9/2020), dibawah ini simak apa saja penyebab munculnya flek hitam di wajah yang harus Anda hindari:

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan menjadi penyebab utama munculnya noda hitam pada wajah. Tidak hanya itu, wajah yang terekspos sinar matahari secara terus-menerus juga bisa menyebabkan kanker kulit lho. Untuk itu, pastikan Anda selalu menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah.

Penggunaan Kosmetik yang Kurang Cocok

Beberapa kosmetik mengandung bahan kimia tertentu yang dapat memicu melanocyte yang memproduksi melanin. ​Selain itu, beberapa bahan yang ada di kosmetik juga bisa memicu fotosensitifitas, dimana hal ini berakibat kulit wajah jadi sensitif terhadap sinar matahari.

Faktor Genetik

Faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab munculnya noda hitam pada wajah. Orang yang memiliki faktor ini dalam tubuhnya akan cenderung rentan terhadap penyakit seperti melasma yang diakibatkan alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon.

Kurang Asupan Vitamin

Seperti yang telah diketahui, vitamin menjadi salah satu hal penting yang mendukung kesehatan kulit wajah. Untuk itu, jika Anda  tidak mengonsumsinya, maka jangan heran jika pigmentasi pada wajah terlihat jelas. Pastikan Anda mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan juga vitamin E untuk mencegah noda hitam.

Bekas Jerawat yang Susah Hilang

Bukan hanya jerawat, bekas jerawat juga jadi masalah yang sering dialami banyak perempuan. Biasanya, jerawat meninggalkan bekas hitam yang tentunya mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, krim yang mengandung hydroquinone, vitamin C, atau kojic acid bisa jadi pilihan. Untuk pencegahan, pastikan Anda tidak memencet jerawat agar tidak meninggalkan bekas yang mengganggu.

Polusi Udara

Munculnya flek hitam pada wajah juga disebabkan oleh polusi udara. Ini karena polusi udara menyebabkan iritasi pada kulit, menimbulkan inflamasi, serta merusak lapisan kulit. Inilah yang memicu produksi melanin sehingga timbul noda hitam pada wajah.

Pengaruh Hormonal

Beberapa hormon yang menyebabkan flek hitam antara lain adalah hormon estrogen, progesteron, dan MSH atau melanin stimulating hormon. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil dan membuat flek hitam muncul.

Cara mengatasi atau menyamarkan flek hitam di wajah pastikan Anda selalu menggunakan sunscreen, masker, skincare yang dapat mencerahkan flek hitam. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : popbela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE