oleh

Berikut Penyebab Cedera Mata yang Wajib Anda Hindari

PortalMadura.Com – Cedera mata bisa menyebabkan beragam gejala, mulai dari mata merah, mata perih atau sakit, penglihatan kabur, hingga perdarahan pada mata.

Dalam jangka pendek maupun panjang, cedera mata yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan gangguan penglihatan permanen.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (2/10/2020), berikut penyebab cedera mata yang perlu Anda ketahui:

Benda Asing Masuk ke Mata

Benda asing yang paling umum masuk ke mata seperti pasir, debu, serbuk kayu, serpihan logam, hingga serpihan kaca bisa masuk atau tertancap ke mata secara tidak sengaja. Keluhan yang dirasakan dapat berupa mata terasa ada yang mengganjal atau sakit, mata berair, merah, dan sensitif terhadap cahaya. Benda asing bisa mengenai bagian putih mata (sklera) maupun bagian hitam mata (kornea). Jika benda asing terkena kornea dan menyebabkan kerusakan (ulkus kornea), dampak yang terjadi pada penglihatan menjadi lebih besar, karena bagian ini merupakan jalan masuk cahaya.

Mata Terbentur Suatu Benda

Benturan benda tumpul, seperti bola basket atau bola bisbol yang bergerak cepat dan menghantam mata, bisa menyebabkan cedera mata. Begitu juga dengan pukulan keras yang secara sengaja atau tidak sengaja mengenai mata Anda.

Paparan Bahan Kimia

Paparan bahan kimia dapat menyebabkan cedera mata. Tingkat kerusakan yang ditimbulkan bisa berbeda, tergantung pada jenis bahan kimia, berapa lama bahan kimia di mata, dan seberapa dalam bahan kimia tersebut masuk ke mata.

Paparan Radiasi

Paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari atau radiasi lainnya, misalnya dari radioterapi, tidak hanya dapat membakar kulit, tapi juga dapat merusak mata. Cedera mata yang terjadi akibat radiasi dapat menyebabkan mata merah, terasa seperti ada yang mengganjal di mata, berair, dan sensitif terhadap cahaya.

Komentar