Penyebab dan Cara Atasi Guratan Pada Ibu Hamil

Avatar of PortalMadura.com
Penyebab dan Cara Atasi Guratan Pada Ibu Hamil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada banyak keluhan yang biasa dirasakan oleh ibu hamil. Salah satunya yaitu munculnya di area perut atau yang dikenal dengan sebutan .

Biasanya guratan itu timbul di dinding perut, lengan atas, pinggul, paha, bokong dan payudara. Bagi sebagian perempuan, mereka dipusingkan dengan stretch mark tersebut, lantaran bisa mengganggu penampilan.

Sebenarnya, apa yang menjadi penyebabnya?.

“Tanda guratan di perut sebabnya multi-faktor, mulai dari pengaruh hormon hingga inflamasi,” kata dermatolog, dokter Kevin Maharis dari Maharis Clinic.

Penting untuk dipahami, guratan putih tersebut tidak hanya muncul pada ibu hamil. Meski begitu, pada ibu hamil hal tersebut biasa terjadi karena peregangan kulit.

Selain itu, kulit yang meregang seringkali menimbulkan rasa gatal dan akhirnya membuat orang menggaruknya. Cara itu tidak disarankan karena akan membuat guratan yang lebih jelas.

“Untuk ibu hamil biasanya mulai muncul pada trimester kedua karena pertumbuhan pesat,” ungkap Kevin.

Bagaimana cara mengatasinya?.

Karena penyebab multi-faktor, maka solusinya pun demikian. Dia mengatakan bahwa penting selalu menggunakan pelembab dengan tingkat minyak tinggi. Penggunaan pelembap tersebut dapat dilakukan setelah mandi.

Baca: Ingin Menghilangkan Stretch Mark? Inilah 4 Cara Alami untuk Mengatasinya

Selain itu, penting untuk menggunakan handuk secara perlahan, tapi tidak perlu digosok, cukup diusap lembut saja. Dengan kata lain, dilakukan secara perlahan dan hati-hati.

Kemudian, bila bagian kulit terasa gatal tidak disarankan untuk menggaruknya karena akan menyebabkan inflamasi dan memperparah stretch mark. (kompas.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.