Perawatan Knalpot Motor yang Baik dan Benar

Avatar of PortalMadura.com
Perawatan-Knalpot-Motor-yang-Baik-dan-Benar
Ilustrasi (moladin.com)

PortalMadura.Com – Knalpot merupakan salah satu komponen penting dari sekian banyaknya bagian di kendaraan roda dua. Dari pabrikan knalpot sudah dirancang dengan memakai teknologi terbaik. Selain itu, desainnya pun juga disesuaikan dengan jenis sepeda motor.

Adapun bahan dari knalpot sendiri dibuat dari stainless steel, baja, lalu ada titanium yang lebih premium. Melihat itu semua, maka perawatan knalpot harusnya tidak luput dari perhatian agar tetap awet dan tahan lama. Lantas, bagaimana merawat knalpot yang benar?.

“Pengguna sepeda motor perlu memahami fungsi knalpot dan perawatannya sehingga dapat menjaga kondisinya selalu baik,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) seperti dilansir Liputan6.com.

Berikut, perawatan knalpot yang benar dari Yamaha Indonesia:

1. Melumasi lubang silencer dan leher knalpot dengan oli secukupnya untuk menghindari kebocoran pada area silencer yang diakibatkan oleh karat, yang bermanfaat menjaga agar suara knalpot tidak berisik.

2. Membersihkan leher knalpot. Oleskan oli pada leher knalpot lalu nyalakan motor hingga oli panas dan meresap.

3. Mengecek kondisi knalpot secara rutin jika terjadi kebocoran atau tidak, juga pastikan baut pada knalpot tidak kendor.

4. Membersihkan knalpot yang terkena air hujan, untuk mencegah terjadi karat karena air hujan yang mengandung asam dapat membuat knalpot berbahan besi berkarat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.