Ajarkan Anak Salat Subuh, Ini 5 Keutamaannya

Avatar of PortalMadura.com
Ajarkan Anak Salat Subuh, Ini 5 Keutamaannya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salat merupakan perintah Allah SWT yang wajib hukumnya bagi umat Islam. Ada lima waktu salat, mulai dari , duhur, ashar, maghrib dan isya. Namun, biasanya yang paling berat melaksanakannya yaitu salat subuh.

Salat subuh merupakan salat lima waktu yang dilaksanakan saat fajar atau sebelum matahari terbit di pagi hari. Bagi anak-anak yang baru belajar salat tentu akan terasa sangat berat, apalagi di waktu lagi enaknya tidur. Mereka biasanya akan ngambek, marah, menangis, atau tidak menghiraukan jika dibangunkan.

Oleh karena itu, sebagai orang tua harus menanamkan nilai-nilai agama tentang salat pada anak agar mereka bisa paham dan tau risiko apa yang akan didapat jika tidak melakukannya. Anak juga perlu diberi tahu keutamaan salat subuh agar mereka jadi rajin salat subuh. Lantas, apa saja keutamaan salat subuh? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Salah Satu Penyebab Masuk Surga

Allah SWT telah menetapkan jika salat merupakan salah satu ibadah yang wajib untuk dilakukan. Tentu Allah akan memberikan ganjaran berupa surga bagi umat-Nya yang melaksanakan salat. Termasuk saat melaksanakan salat subuh.

Hal ini disampaikan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi: “Barangsiapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu salat subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” ( HR. Bukhari no 574 dan Muslim no 635).

Salah Penghalang Masuk Neraka

Selain mendapat hadiah surga, setiap umat muslim yang melaksanakan salat dengan niat sepenuh hati karena Allah SWT pun akan dijauhkan dari api neraka. Maka dari itu, salat subuh disebut sebagai penghalang umat Islam masuk ke dalam neraka.

Hal tersebut tercantum dalam hadis riwayat Muslim berikut ini: Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan salat sebelum terbitnya matahari (yaitu salat subuh dan salat sebelum tenggelamnya matahari yaitu salat ashar.” (HR. Muslim no. 634).

Berada dalam Jaminan Allah SWT

Dengan melaksanakan salat subuh, Allah SWT menjamin keselamatan dalam kehidupan hamba-Nya pada hari itu. Dia menjamin keselamatan umat-Nya dari kecelakaan, godaan setan, keburukan, bahaya, godaan jin, kematian mendadak, dan lain sebagainya.

Selain itu, Allah SWT akan menjamin umat muslim meninggal dalam keadaan kusnul khatimah.

Semua kebaikan yang diberikan oleh Allah SWT ini merupakan hadiah untuk umat-Nya yang beriman dan bertaqwa. Sebab, waktu subuh merupakan waktu-waktu yang sulit untuk bangun dari tidur dan melaksanakan salat.

Allah pun menjamin umat Islam yang telah salat subuh berada dalam lindungan-Nya.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang salat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahanam.” (HR. Muslim no. 163)

Dihitung Seperti Mengerjakan Salat Sunah Selama Satu Malam

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang salat isya berjamaah maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang salat subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

Dengan melaksanakan salat isya dan salat subuh berjamaah, maka seseorang akan dianggap telah melaksanakan salat sunah di seluruh malamnya tanpa istirahat, tanpa berhenti untuk ke kamar mandi, tanpa makan dan minum, tanpa tidur, tanpa zikir di sela-sela salat, dan tanpa hal-hal lain di luar salat sunah.

Jika dibayangkan, salat sunah di seluruh malam akan terasa sulit sekali ya, namun Allah SWT untuk para umat-Nya hanya dengan melaksanakan salat jamaah di waktu isya dan subuh.

Allah dengan mudah memberi keistimewaan ini karena kedua waktu salat ini dapat membuktikan kekuatan iman seseorang. Tidak sedikit dari umat Islam yang merasa berat untuk melakukannya.

Untuk itu, mari coba perlahan ajak si Anak untuk mulai melaksanakan salat berjamaah di rumah bersama-sama dengan Mama dan Papa.

Disaksikan para Malaikat

Tentunya Allah dan malaikat selalu menyaksikan apa yang manusia lakukan didunia ini. Termasuk ketika sedang melaksanakan ibadah salat. Mulai dari salat subuh, salat zuhur, salat asha, salat ashar, salat maghrib, hingga salat isya.

Namun, waktu salat subuh lebih istimewa karena disaksikan oleh dua rombongan malaikat, yakni malaikat malam dan siang. Hal ini tercantum dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim seperti berikut ini:

Rasulullah bersabda: “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada salat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

Nah itulah beberapa keutamaan salat subuh. Semoga setelah anak-anak mengetahui keutamaan tersebut menjadi lebih semangat dan rajin untuk bangun salat subuh ya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.